Mobil Alphard Putih Rachel Vennya Disita Polisi, Kapan Bisa Diambil?

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 15:53 WIB
Jakarta -

Polisi menyita mobil Alphard berwarna putih berpelat 'B-139-RFS' milik Rachel Vennya karena terbukti melanggar ketentuan warna. Lalu, kapan mobil tersebut dapat dikembalikan ke Rachel Vennya?

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Kaya AKBP Argo Wiyono mengatakan Rachel Vennya baru bisa mengambil mobilnya setelah menjalani sidang tilang. Sidang tilang tersebut rencananya akan digelar dalam kurun 14 hari mendatang.

"Harus menunggu proses sidang selama 14 hari supaya kendaraan bisa diambil," ucap Argo kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Seperti diketahui, kasus pelat mobil RFS milik Rachel Vennya berujung 'twist ending'. Rachel Vennya akhirnya ditilang dengan pelanggaran mengubah cat mobil.

Awalnya polisi menduga pelat mobil RFS milik Rachel Vennya pindah posisi karena dipasang di mobil Alphard hitam, sementara di data kepolisian seharusnya pelat itu di mobil Alphard putih. Ternyata pelat itu ada di mobil yang seharusnya, tapi oleh Rachel Vennya bodi mobil putih itu ditutup stiker hitam.

"Kami hanya mengenakan penggunaan masalah ganti warnanya. Jadi penggunaan tidak sesuai itu sampai kemarin kami tunda, ada dua mobil yang berbeda, tapi sudah diklarifikasi dan kami cocokkan, mobilnya sama cuma memang diubah, jadi perubahan bentuk atau ganti warna, bukan mengubah posisi TNKB," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas PMJ AKBP Argo Wiyono kepada wartawan di Ditlantas Polda Metro Jaya, Selasa (26/10).

Rachel Vennya ditilang dengan Pasal 288 UU LLAJ. Ancaman hukuman maksimalnya adalah 2 bulan penjara atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Polisi menyita mobil Alphard berwarna putih milik Rachel Vennya yang berpelat RFS. Mobil tersebut disita sebagai barang bukti penilangan atas pelanggaran yang dilakukan Rachel.

Rachel Vennya sendiri dikenai sanksi tilang terkait mobilnya berpelat RFS. Selain pelatnya, Rachel Vennya mengubah warna mobilnya itu dari putih menjadi hitam.

"Jadi ditilang. Jadi yang bersangkutan mengakui merubah warnanya. Memang warnanya putih, tapi distikerin doff (cek) itu," ucap Argo.

(rak/knv)