Dua Pekerja Tambang yang Tertimbun Longsor di Kukar Ditemukan Tewas

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 23:51 WIB
Lokasi area tambang yang terjadi longsor hingga merenggut nyawa dua pekerja (Foto: dok Barsanas)
Foto: Lokasi area tambang yang terjadi longsor hingga merenggut nyawa dua pekerja (Foto: dok Barsanas)
Kutai Kartanegara -

Dua pekerja tambang batu bara, Sugiharto (50) dan Paiman (48) korban tanah longsor di area tambang milik PT Kaltim Batu Manunggal di Kecamatan Loa Janan, Desa Air Panas,Teluk Dalam, Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, ditemukan meninggal dunia. Kedua jasad ditemukan di dalam kolam bekas galian tambang oleh Tim SAR gabungan.

"Korban pertama yang kita temukan, bernama Sugiharto pada Minggu sekitar pukul 16.15 Wita, korban ditemukan mengapung, di duga korban sempat berusaha keluar dari mobil pada saat terjadi longsor," jelas Melkianus Kotta saat dikonfirmasi Senin (25/10/2021).

Usia menemukan jasad Sugiharto, Tim SAR gabungan keesokan harinya kembali melanjutkan pencarian di area kolam bekas galian tambang.

Hingga pada Senin (25/10/2021), tepatnya pukul 06.15 Wita, tim SAR kembali berhasil menemukan jasad Paiman yang juga mengapung di permukaan kolam bekas galian tambang.

"Hasil pencarian ke dua tim kembali menemukan jasad korban tanah longsor ke dua bernama Paiman yang timbul kepermukaan kolam," terangnya.

Setelah ditemukan, kedua jenazah pekerjaan tambang kemudian dibawa ke Rumah Sakit I.A Moeis Samarinda untuk di lakukan visum.

Sebelumnya, bencana tanah longsor menimpa area pertambangan milik PT Kaltim Batu Manunggal di Kecamatan Loa Janan, Desa Air Panas,Teluk Dalam, Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim pada Minggu dini hari (25/10/2021) pukul 02.00 Wita.

Diketahui dua orang pekerja yakni, Sugiharto sebagai Kepala teknik tambang dan Paiman konsultan Engineering, dikabarkan terbawa material longsor ketika berada di dalam mobil. Saat kejadian keduanya pun dinyatakan hilang lantaran masuk kedalam kolam galian tambang.

(mae/mae)