Seorang Warga di Tarakan Tewas Tertimbun Longsor

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 10:41 WIB
Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Ilustrasi tanah longsor (Andhika/detikcom)
Tarakan -

Seorang warga di Tarakan, Kalimantan Utara, ditemukan meninggal dunia di sekitar rumahnya. Korban tewas akibat tertimbun longsor.

Jasad korban ditemukan di Kelurahan Sebengkok, Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Kamis (5/8) pukul 01.00 Wita. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tarakan melaporkan tanah longsor terjadi sesaat setelah hujan deras mengguyur daerah tersebut.

"Tanahnya berpasir dan sistem drainase juga buruk. Setelah diguyur hujan, airnya kemudian masuk ke celah-celah tanah dan longsor pun terjadi," ungkap Kepala Seksi Pencegahan BPBD Kota Tarakan Boedi Soenjoto dalam keterangannya, Jumat (6/8/2021).

Jasad korban sudah dievakuasi tim gabungan yang terdiri atas BPBD Kota Tarakan, Basarnas, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tarakan, dan masyarakat. Tim gabungan juga melakukan asesmen dan menyingkirkan puing-puing di sekitar lokasi kejadian.

Rata-rata permukiman di Kelurahan Sebengkok berada di bawah lerang sehingga memiliki tingkat kerawanan yang tinggi bila hujan deras. "Posisinya di lereng bukit, kelurahan Sebengkok berada di wilayah yang bawah lereng," jelasnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hingga Sabtu (7/8) Kota Tarakan secara umum cerah berawan. Namun, hujan dengan tingkat intensitas sedang disertai petir dapat terjadi pada dini hari.

BNPB meminta Pemerintah Kota Tarakan mempersiapkan rencana mitigasi bencana jangka pendek dan panjang. Jangka pendeknya adalah mengenali lingkungan dan mewaspadai adanya rekahan tanah di kawasan tebing.

Selain itu, bila terjadi hujan deras lebih dari 1 jam, masyarakat yang tinggal di bawah lerang sebaiknya mengevakuasi diri ke daerah yang lebih aman. Sementara itu, rencana jangka panjangnya adalah penanaman vegetasi berakar kuat atau tanaman lain seperti vetiver.

Simak juga 'Tanah Longsor Putus Akses Penghubung 2 Kecamatan di Polewali Mandar!':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/jbr)