Robin Minta Maaf, Azis Syamsuddin: Saya Maafkan karena Allah Maha Pengampun

Zunita Putri - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 17:48 WIB
Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menyampaikan keterangan dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap penanganan perkara yang diusut KPK dengan terdakwa, mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dan pengacara Maskur Husain di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (25/10).
Azis Syamsuddin (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju alias Robin, meminta maaf kepada mantan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin. Robin mengaku meminjam uang Rp 200 juta dari Azis.

"Terkait uang pinjaman Rp 200 juta, yang Saudara Saksi kirimkan ke Maskur Husain, yang digunakan oleh saya dan Maskur Husain masing-masing kami menggunakan Rp 100 juta, apakah Saudara Saksi menghendaki untuk kami mengembalikan kepada saksi, tapi mungkin kemampuan kami bisa dicicil?" ujar Robin dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Senin (25/10/2021).

Azis pun mengizinkan Robin dan Maskur mengembalikan uang itu dengan cara dicicil. Kemudian Robin dan Maskur meminta maaf kepada Azis.

"Saya boleh minta maaf kepada Saudara Saksi karena saya sudah melibatkan Saudara Saksi sampai sejauh ini dalam perkara saya," ucap Robin.

Azis pun mengaku memaafkan Robin dan Maskur. Dia mengaku memaafkan Robin karena Allah Maha Pengampun.

"Sebagai manusia, sebagai hamba Allah, saya memaafkan, karena Allah itu Maha Pengampun. Allah Maha Menyayangi, Maha Pengasih, dan mengampuni setiap umat-Nya," tutur Azis.

Dalam perkara ini, yang duduk sebagai terdakwa adalah AKP Robin dan Maskur Husain. Robin didakwa bersama Maskur Husain menerima suap yang totalnya Rp 11 miliar dan USD 36 ribu atau setara Rp 11,538 miliar berkaitan dengan penanganan perkara di KPK.

Mantan penyidik KPK itu menerima suap dari sejumlah nama, termasuk dari Azis Syamsuddin. Dalam dakwaan, Azis Syamsuddin dan Aliza Gunado memberikan uang sejumlah Rp 3.099.887.000 dan USD 36.000.

Lihat juga video 'KPK Minta Novel Baswedan Buktikan soal 'Orang Dalam' Azis Syamsuddin':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/haf)