Polisi Akan Cek Fisik Mobil Pelat 'RFS' Milik Rachel Vennya

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 14:02 WIB
Rachel Vennya
Rachel Vennya (Foto: dok. Instagram @rachelvennya)
Jakarta -

Polisi telah mengagendakan pemeriksaan kepada selebgram Rachel Vennya terkait pelat B-139-RFS pada mobil Alphard miliknya. Polisi bakal melakukan cek fisik secara langsung pada mobil tersebut.

"Besok kita akan lihat seperti apa. Apa memang kendaraan sudah berganti warna tapi belum diganti TNKB-nya, atau STNK itu ditempelkan di kendaraan lain yang tidak sesuai penggunanaannya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di gedung Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (25/10/2021).

Polisi direncanakan bakal memeriksa Rachel Vennya soal dugaan pelat RFS pada Selasa (26/10) sekitar pukul 10.00 WIB. Rachel Vennya pun diminta datang bersama mobil Alphard warna hitam dengan pelat B-139-RFS miliknya.

"Kita minta datang dan membawa kendaraan yang digunakan di malam hari saat (usai diperiksa) di Polda Metro Jaya," ujar Sambodo.

Pelat RFS Tidak Sesuai

Dugaan pelat bodong yang digunakan Rachel Vennya mengemuka usai polisi melakukan pengecekan di database nomor kendaraan. Saat itu didapati nomor B-139-RFS yang tertera di mobil Alphard hitam milik Rachel Vennya tidak sesuai dengan data milik petugas.

Menurut Sambodo, dari data yang dimiliki pihaknya, seharusnya pelat nomor itu tertera pada kendaraan Alphard putih milik Rachel Vennya yang berwarna putih.

"(Pemeriksaan besok) terkait dengan penggunaan TNKB dan STNK yang digunakan pada malam saat diperiksa di Polda. Data yang ada di kita berwarna putih, tapi saat itu yang bersangkutan menggunakan Alphard berwarna hitam," ujar Sambodo.

Polisi saat ini tengah menyelidiki apakah Rachel Vennya melanggar Pasal 280 juncto 68 atau Pasal 288 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jika terbukti ada pelanggaran, polisi bakal memberi sanksi tilang kepada Rachel Vennya.

"Sanskinya hanya tilang. Denda Rp 500 ribu atau kurungan dua bulan," pungkas Sambodo.

(ygs/mea)