Polisi Tangkap Remaja yang Palak Sopir Truk di Kalideres

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 01:40 WIB
Jakarta -

Polisi menangkap seorang remaja berinisial ME (16) yang memalak seorang sopir truk di Jalan Raya Daan Mogot KM 16, Kalideres, Jakarta Barat. Aksi remaja memalak sopir truk itu sempat viral di media sosial.

"Selanjutnya dilakukan pendalaman diidentifikasi yang bersangkutan berinisial ME yang beralamat di kelurahan Semanan. Tim bergerak ke sana berkat bantuan warga dan berhasil diamankan yang bersangkutan. Kemudian dilakukan interogasi awal, diwawancara bahwa yang bersangkutan mengakui melakukan itu dan yang viral di video tersebut adalah saudara ME," kata, Kapolsek Kalideres AKP Hasoloan Situmorang kepada wartawan, Minggu (24/10/2021).

Kejadian tersebut diketahui terjadi pada Jumat (22/10) sekitar pukul 14.30 WIB. Peristiwa pemalakan tersebut viral di media sosial dan polisi bergegas memburu pelaku.

Pelaku diketahui sudah tidak bersekolah. Dia menggunakan uang hasil pemalakan tersebut untuk sekedar membeli rokok.

"Dia untuk buat beli rokok sama nasi. Beraksi sendiri dan tidak ditemukan sajam," kata Hasoloan.

Dalam penangkapan tersebut, polisi turut mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, topi, kaos dan celana panjang yang digunakan pelaku saat beraksi dan terekam di video yang viral di media sosial.

"Untuk proses hukum yang melibatkan anak-anak kita gunakan sistem peradilan anak. Proses hukum sampai saat ini kita masih tunggu sopir truk untuk bikin laporan di polsek Kalideres," ucap Hasoloan.

"Terkait dengan kejadian tersebut penyidik melakukan pendalaman dengan menerapkan Pasal 368 KUHAP dengan ancaman pidana 9 tahun," sambungnya.

Diketahui peristiwa itu disebutkan terjadi di daerah Kalideres, Jakarta Barat. Dalam video itu terlihat pelaku diduga melakukan pemalakan kepada sejumlah sopir truk yang tengah terjebak macet. Pelaku menggunakan kaus dan topi berwarna hitam.

"Nih yang malak nih. Udah malak-malakan dia nih. Orangnya nih biar ketangkap sekalian," kata perekam video seperti dilihat, Sabtu (23/10/2021).

Pelaku tampak melakukan pemalakan dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya. Bahkan, saat melakukan pemalakan kepada perekam video, pelaku sempat menggedor kaca mobil korban sebanyak dua kali.

(eva/eva)