PDIP Duga Gelaran Formula E di DKI Berpotensi Merugi, Ini Alasannya

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 06:30 WIB
Sirkuit Formula E
Sirkuit Formula E (Dok. Formula E)

FEO Terhambat Exit Permit untuk Cek Calon Venue

JakPro bersama penyelenggara Formula E (FEO) bulan ini dijadwalkan meninjau 5 calon lokasi sirkuit Formula E. Namun Direktur Utama JakPro Widi Amanasto mengatakan sampai saat tim FEO belum tiba di Jakarta karena terkendala izin keluar atau exit permit dari Inggris.

"Belum (meninjau) karena masalah exit permit," kata Widi saat dihubungi, Jumat (22/10).

Selain exit permit, Widi mengatakan tim FEO diwajibkan menjalani karantina. Meski terkendala sejumlah hal, dia meyakini tim FEO akan tiba di Jakarta pada awal bulan depan.

Widi menuturkan setidaknya proses pembangunan sirkuit atau lintasan Formula E memakan waktu sebulan. Dia pun optimistis bisa segera menentukan lokasi dan menyelesaikan pembangunan sirkuit sebelum 4 Juni 2022.

"Optimis maksimum (sirkuit) sekitar 1 bulan selesai," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan saat ini pihaknya belum memutuskan lokasi sirkuit Formula E. Riza memastikan venue akan segera diumumkan setelah JakPro dan Formula E selesai melakukan peninjauan.

"Formula E, seperti yang disampaikan, ada lima alternatif, sedang menunggu prosesnya secara teknis akan ditinjau dari utusan Formula E. Insyaallah akan diputuskan," kata Riza saat ditemui di Jalan Kampung Sumur, Klender, Jakarta Timur, Minggu (17/10).

FIA telah meresmikan Jakarta menjadi salah satu tuan rumah pergelaran balap Formula E pada 4 Juni 2022. Keputusan tersebut ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris.


(dwia/jbr)