PDIP Duga Gelaran Formula E di DKI Berpotensi Merugi, Ini Alasannya

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 06:30 WIB
Sirkuit Formula E
Sirkuit Formula E (Dok. Formula E)
Jakarta -

Penyelenggara Formula E (FEO) belum dapat meninjau 5 calon lokasi sirkuit Formula E di Jakarta karena terkendala izin keluar dari Inggris. PDIP DKI menilai banyaknya hambatan menguatkan kesan penyelenggaraan yang dipaksakan.

"Semakin kuat kesan bahwa hambatan yang banyak karena memang sejak awal ini dipaksakan," ujar anggota DPRD DKI Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak, kepada wartawan, Jumat (22/10/2021).

Gilbert mengatakan kendala izin keluar (exit permit) merupakan masalah internal dari FEO. Namun menurutnya ada informasi yang tidak disampaikan secara detail.

"Ini proses di internal mereka atau negara lain dan tidak menyangkut DKI. Tetapi dengan banyaknya kendala ini, dan mereka harus bersedia karantina 5 hari, apakah mereka bersedia? Jelas ini semua terkesan tidak disampaikan dengan detail atau kurang profesional," ujar Gilbert.

Dia melihat ada potensi gelaran Formula E di Jakarta tak menghasilkan keuntungan.

Dia menyoroti soal target penonton yang tergantung pada kondisi pandemi dan publikasi yang dilakukan tidak memiliki waktu lama. Dia berpendapat agar event ini sebaiknya dibatalkan.

"Lalu target penonton yang sangat tergantung kondisi pandemi, juga publikasi atau promosi yang sangat sempit waktunya semakin menguatkan bahwa event ini selayaknya dibatalkan saja. Penonton tidak sesuai harapan, dan tanpa kajian, jelas akan merugi," ujar Gilbert.

"Lalu tanpa penjelasan Gubernur, semuanya menghambur-hamburkan uang yang diambil dari pajak rakyat, sementara kebutuhan rakyat sangat mendesak untuk sektor riil," sambungnya.

Simak juga video 'Tak ada Anggaran Formula E di APBD Perubahan 2021, JakPro Wajib Cari Sponsor':

[Gambas:Video 20detik]