Pemkot Depok Bakal Segel Masjid Ahmadiyah di Sawangan

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 15:03 WIB
Pemkab Garut hentikan pembangunan masjid Ahmadiyah
Ilustrasi penyegelan Ahmadiyah di Garut (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pemkot Depok berencana melakukan penyegelan Masjid Al Hidayah, masjid jamaah Ahmadiyah di Sawangan, Depok. Pihak kepolisian dan Satpol PP Depok siaga di lokasi melakukan pengamanan.

"Kalau sekarang kan belum disegel. Ini baru persiapan aja koordinasi dengan Camat," kata Kapolsek Sawangan AKP Meltha Mubarak saat dihubungi, Jumat (22/10/2021).

Masjid Al Hidayah ini terletak di Jl Muchtar Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan Kota Depok. Sebelumnya, masjid itu disegel oleh Satpol PP pada 23 Februari 2017. Penyegelan dilakukan setelah diputuskan bahwa kegiatan jamaah Ahmadiyah melanggar Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri.

Mubarak tidak menjelaskan alasan penyegelan masjid Ahmadiyah tersebut. Dia menyebut sejumlah warga telah melaporkan ke Pemkot Depok perihal dugaan adanya kegiatan di masjid tersebut.

"Kalau selama ini sih langsung ke Pemkot. Kan warga melaporkan ke Pemkot. Yang segel Nanti Satpol PP, kita hanya dampingi. Rencana hari ini disegel," ujar Mubarak.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyegel Masjid Al Hidayah yang biasa digunakan untuk jamaah Ahmadiyah pada tahun 2017 lalu. Wali Kota Depok Mohamad Idris saat itu menyebut penyegelan itu untuk menjaga suasana Ramadan di Depok aman dan nyaman.

"Pertama kita dalam suasana bulan Ramadan kita ingin kondisi kota Depok dalam kondisi yang aman dan nyaman, secara khusyuk mempunyai kewajiban menjaga situasi aman dan nyaman dan ingin melindungi warga dari berbagai ancaman," ujar Idris di Kantor Walikota Depok, Jalan Margonda Raya, Depok, Minggu (4/6/2017).

Penyegelan itu dihadiri Pemkot Depok, Dandim, Kapolresta Depok, MUI dan FKUB. Idris mengatakan sebagai langkah antisipatif dari hasil laporan masyarakat.

"Untuk itu kita lakukan langkah antisipatif dengan laporan dan informasi masyarakat terkait potensi konflik terutama potensi terkait Aktivitas Ahmadiyah di Jalan Raya Sawangan di Kelurahan Sawangan Baru," urainya.

Lihat juga video 'Perusakan Masjid Ahmadiyah: Banjir Kecaman hingga Pelaku Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/fjp)