Round-Up

Golkar Syaratkan Airlangga, 2 Parpol Islam Mau Tanya Ulama

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 09:58 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan arahan terkait strategi untuk pemenangan Pileg, Pilpres dan Pilkada 2024 kepada para pengurus daerah dan kader se-Jawa Tengah di Hotel Alana Colomadu kemarin. Ia menginginkan agar Partai Golkar jadi nomer satu.
Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto (Dok. Istimewa)

PKB Tanya Kiai soal Koalisi dengan Golkar

PKB yang ingin mengusung Ketua Umum Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai capres juga, mengaku membuka diri terhadap semua partai. PKB akan bertanya kepada ulama untuk kemungkinan koalisi dengan Partai Golkar.

"Kalau ditanya kader, tentu PKB juga sama, maunya Cak Imin sebagai capres, dan PKB sejak awal sangat terbuka koalisi dengan semua partai," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan.

Ketum PKB Muhaimin IskandarKetum PKB Muhaimin Iskandar (Dok. PKB)

Daniel mengungkapkan akar rumput PKB kencang bersuara ingin Cak Imin tampil di Pilpres 2024. Inilah yang membuat PKB ingin memajukan Cak Imin sebagai capres.

Namun soal kemungkinan berkoalisi dengan Golkar yang mensyaratkan Airlangga sebagai capres, Daniel menyebut PKB bakal berkonsultasi kepada kiai dan tokoh masyarakat. PKB saat ini berfokus memperkuat koalisi dengan rakyat.

"Tapi kita lihat saja nanti karena harus dikonsultasikan juga ke para kiai, basis, dan tokoh masyarakat. Yang penting saat ini terus dan terus perkuat koalisi dengan rakyat langsung," ujarnya.


(rfs/rfs)