Round-Up

4 Aturan Terbaru Jika Mau Naik Pesawat, Wajib Tahu!

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 07:19 WIB

Aturan Penerbangan Domestik Terbaru: Vaksin-Hasil Tes Negatif COVID-19

Dalam SE terbaru, ada dua syarat yang harus dipastikan ada sebelum keberangkatan, yaitu vaksin dan hasil tes negatif COVID-19. Adapun berikut aturannya:

1. Penerbangan dari atau ke bandar udara di wilayah Jawa dan Bali, antar kota di Jawa dan Bali, serta di daerah yang masuk kategori PPKM level 3 dan 4 sesuai Inmendagri terbaru, wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal dosis pertama) dan surat keterangan hasil negatif PCR maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

2. Penerbangan dari dan ke bandar udara di luar wilayah Jawa dan Bali yang ditetapkan masuk kategori PPKM level 1 dan 2, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif PCR maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif antigen maksimal 1x24 jam.

3. Pengecualian kewajiban menunjukkan kartu vaksin diatur untuk:
- Penumpang di bawah usia 12 tahun
- Penumpang dengan kondisi kesehatan tertentu atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin. Adapun sebagai pengganti kartu vaksin, diwajibkan melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

Aturan Penerbangan Domestik Terbaru: Anak-anak di Bawah Usia 12 Tahun

Masih dalam SE terbaru, penumpang yang berusia di bawah 12 tahun kini diperbolehkan melakukan perjalanan dengan pesawat udara. Adapun syaratnya yaitu:

1. Anak-anak didampingi oleh orang tua/keluarga, dengan melampirkan bukti kartu keluarga (KK)
2. Memenuhi persyaratan kesehatan, baik PCR ataupun antigen sesuai dengan asal dan tujuan penerbangan.

Aturan Penerbangan Domestik Terbaru: Mengisi e-HAC

Selain aturan-aturan yang sudah tertulis, para penumpang pesawat juga diminta untuk mengisi e-HAC Indonesia di bandar udara keberangkatan. Nantinya e-HAC dapat ditunjukkan ke petugas kesehatan di bandar udara tujuan/kedatangan.


(fas/isa)