detikcom Do Your Magic

Lumpur Got di Petamburan III Sudah Penuh, Perlu Dikeruk agar #CegahBanjir

Firda Cynthia - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 19:09 WIB
Got meluap di Jl Petamburan III, Tanah Abang Jakarta Pusat
Kondisi got di Jl Petamburan III (Firda Cynthia/detikcom)
Jakarta -

Got di Jl Petamburan III membuat rumah Ida Kurniasih (52) kebanjiran. Hujan besar membuat air dari got meluap keluar dan masuk ke rumah Ida.

Lokasi kejadian itu tepatnya di Jalan Petamburan III RT 007 RW 04, Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom di lokasi pada Kamis (21/10/2021) sore, terlihat air dalam saluran got tersebut cukup rendah, namun padat lumpur. Air sedang tidak naik ataupun meluap ke permukaan.

Saluran got itu juga tampak tidak tertutup. Kedalaman air saluran got itu sekitar 1 meter.

Ida mengatakan tak mengira air dari saluran got di samping rumahnya itu akan membanjiri rumahnya.

"Tiba-tiba semalam kan hujannya gede, airnya langsung meluap. Biasanya nggak sampai ngelewatin teras di depan dekat got itu, tapi semalam langsung 'byur'," cerita Ida saat ditemui detikcom di kediamannya, Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Kamis (21/10/2021).

Menurut Ida, kejadian itu terjadi sekitar pukul 23.00 WIB saat wilayah rumahnya turun hujan deras. Seingatnya, hujan baru berhenti pada pukul 01.00 WIB.

"Airnya yang masuk langsung gede. Merinding saya semalam. Terus reda-reda itu jam 1-an," katanya.

Ida berharap got tersebut segera dikeruk oleh Pasukan Biru dari Dinas Sumber Daya Air (SDA), sehingga dia tidak khawatir kalau ada lagi hujan desar.

"Harapan saya kepengen banget got ini bisa dikeruk sampai dalem kayak dulu. Terus kalau masalah rumah diuruk, itu masalah pribadi ya, ha-ha-ha.... Karena kan harus diuruk," kata Ida.

(aik/aik)