detikcom Do Your Magic

Got Meluap Banjiri Rumah di Jl Petamburan III Tanah Abang Jakpus

Firda Cynthia - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 18:18 WIB
Got meluap di Jl Petamburan III, Tanah Abang Jakarta Pusat
Foto: Firda Cynthia/detikcom
Jakarta -

Rumah di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), terkena banjir dari got yang meluap. Kejadian itu terjadi karena hujan deras dan got yang disebut sudah dangkal.

Diketahui, lokasi kejadian itu tepatnya di Jalan Petamburan III RT 007 RW 04, Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Peristiwa itu dialami oleh warga pada Rabu (20/10/2021) kemarin.

Ida Kurniasih (52) menjadi korban luapan air saluran got di Jalan Petamburan III tersebut. Ia mengatakan tak mengira air dari saluran got di samping rumahnya itu akan membanjiri rumahnya.

Got meluap di Jl Petamburan III, Tanah Abang Jakarta PusatIda Kurniansih, pemilik rumah yang dibanjiri luapan air dari got di Jl Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Firda Cynthia/detikcom)

"Tiba-tiba semalam kan hujannya gede, airnya langsung ngeluap. Biasanya nggak sampai ngelewatin teras di depan dekat got itu, tapi semalam langsung 'byur'," cerita Ida saat ditemui detikcom di kediamannya, Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Kamis (21/10).

Melihat air berwarna kopi itu mengguyur ruang depan rumahnya, Ida langsung bergegas menyelamatkan barang-barangnya. Ia spontan mencabut kabel dari stop kontak untuk menghindari korsleting listrik.

"Saya juga panik semalam ngangkatin ke sana ke sini. Saya ngangkat sendiri malah anak saya lagi nggak ada di rumah. Saya matiin mesin cuci, cabut colokan kulkas. Orang airnya yang masuk langsung gede. Merinding saya semalam," kata dia.

Ia menuturkan, insiden banjir dadakan itu terjadi pada sekitar pukul 23.00 WIB. Hujan cukup deras malam itu. Tak lama, peristiwa banjir tersebut ia abadikan dan dikirim ke orang-orang terdekatnya.

Got meluap di Jl Petamburan III, Tanah Abang Jakarta PusatGot meluap di Jl Petamburan III, Tanah Abang Jakarta Pusat. (Firda Cynthia/detikcom)

Dipantau detikcom pada Kamis (21/10) sore, kediaman Ida masih tampak dipenuhi sisa lumpur bekas banjir luapan air dari saluran got. Masih terlihat garis hitam bekas banjir di dinding rumahnya. Garis itu berjarak sekitar 30 cm dari lantai.

Ampas saluran got itu mengotori hingga ke bagian belakang rumah. Kamar mandi milik Ida juga masih penuh lumpur bekas banjir dadakan itu.

Dilaporkan ke Pemprov

Seseorang dengan akun twitter @AOethek melaporkan luapan air got ke rumah Ida. Dia mengunggah video saat kejadian, Rabu (20/10), pukul 23.23 WIB, air dari got masuk dan merendam rumah.

Tak lama, pihak Pemprov merespons aduan itu. Pemprov DKI Jakarta dalam akun Twitternya membalas cuitan pelapor dan menyebut telah masuk ke kanal laporan CRM.

(aik/aik)