Roy Suryo Tunggu 24 Jam Ferdinand Minta Maaf soal 'Eks Menteri Sebodoh Ini'

Yogi Ernes, Marteen Ronaldo - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 19:03 WIB
Eks Menpora Roy Suryo diperiksa sebagai saksi pelapor atas dugaan pencemaran nama baik. Roy Suryo turut memamerkan bukti cuitan Ferdinand Hutahaean.
Roy Suryo setelah diperiksa soal cuitan Ferdinand Hutahaean (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Mantan Menpora Roy Suryo menunggu 1x24 jam Ferdinand Hutahaean untuk meminta maaf soal cuitan 'mantan menteri sebodoh ini'. Jika tidak, Roy Suryo akan melanjutkan pelaporan atas Ferdinand Hutahaean hingga tuntas.

"Jadi yang bersangkutan kami imbau untuk meminta maaf dalam waktu 1x24 jam karena ini akan jalan terus apabila tak minta maaf, kami minta seterusnya agar perkara ditindak tegas," ujar kuasa hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Menurut Pitra, cuitan Ferdinand Hutahaean sama sekali bukan bentuk kritik. Menurutnya, cuitan eks kader Demokrat itu lebih pada penghinaan.

"Jadi cuitan tersebut bukan masuk kategori kritik dan pendapat lagi, melainkan sudah serang individu seseorang di mana individu sudah bicara tentang dugaan yang dikatakan logika bobrok dan bodoh," katanya.

Ia menerangkan tidak dapat seorang pun yang menyerang harkat dan martabat orang lain. Hal tersebut dikarenakan setiap warga negara mempunyai perlindungan dan hak hukum untuk menjaga kehormatan martabat dan haknya.

"Kita ketahui yang bersangkutan juga tak merasa bersalah dan nggak minta maaf kepada Roy Suryo. Semestinya, apabila ada orang merasa dirugikan, yang bersangkutan seharusnya legowo dan meminta maaf," tegasnya.

Pitra mengatakan dalam kasus ini terdapat dua pasal yang dapat menjerat Ferdinand Hutahaean, yakni UU ITE dan Pidana Umum berdasarkan Pasal 310 dan 311.

Roy Suryo Merasa Terhina

Roy Suryo mengatakan merasa terhina atas cuitan Ferdinand Hutahaean itu. Roy Suryo juga merasa teraniaya oleh cuitan Ferdinand Hutahaean itu.

"Saya terkejut karena membaca di Twitter, Saudara FH ini membuat cuitan semacam ini. Cuitan tersebut sungguh sangat mendesak saya ya, karena membuat saya terhina, membikin saya teraniaya, karena apa di sana disebut selaku mantan menteri saya melakukan tindakan yang sebodoh ini, bahkan sebobrok ini," jelasnya.

"Dan bahkan dia menuliskan ada yang tidak pantas di bawah ini, yaitu yang 'pasti untuk menambah harta pribadi yaitu dengan tidak membawa barang-barang pulang perabotan negara pulang ke rumah pribadi'," tambahnya.

Ferdinand memang sempat tidak mengakui cuitannya itu dimaksudkan kepada Roy Suryo. Namun Roy Suryo punya bukti bahwa cuitan Ferdinand Hutahaean itu adalah me-reply postingan sebuah artikel berita terkait dirinya.

"Ini sangat-sangat tidak pantas dilakukan dan sempat saya membaca bahwa yang bersangkutan sempat menyatakan di tulisan ini tidak ada nama saya, tidak ada foto saya itu salah besar," katanya.

"Karena lengkapnya sebenarnya seperti ini, dan tadi sudah saya serahkan kepada pihak kepolisian jadi aslinya cuitannya seperti ini," sambungnya.

Simak penjelasan Ferdinand Hutahaean di halaman selanjutnya