Pemprov DKI Tambah Target Vaksinasi COVID-19 Jadi 14 Juta Warga

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 17:43 WIB
medical
Foto: Getty Images/iStockphoto/show999
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta kini memasang target baru dalam memenuhi capaian vaksinasi COVID-19. Pemprov DKI menargetkan 14 juta warga yang beraktivitas di Ibu Kota menerima suntikan vaksin Corona dosis pertama ataupun kedua.

"Malah DKI mempunyai target 14 juta penduduk yang beraktivitas di DKI Jakarta di siang hari," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama dalam diskusi virtual di YouTube PKC Cilincing, Kamis (21/10/2021).

Ngabila menjelaskan, warga yang diutamakan disuntik vaksin adalah orang yang kerap beraktivitas di siang hari. Misalnya, warga sekolah terdiri dari guru, murid maupun tenaga penunjang lainnya.

"Jadi kalau kita ngomongin sekolah, orang yang bekerja di sekolah dan murid itu harus sudah divaksin, juga keluarga mereka sudah harus divaksin. Orang yang mau ke mal, penjaga mal bersama keluarga juga harus sudah divaksin," ucapnya.

Merujuk data dari situs corona.jakarta.go.id, capaian vaksinasi di Jakarta untuk dosis pertama sebesar 10.771.150 dengan proporsi 66% warga KTP DKI dan 34% warga non-KTP DKI. Sedangkan untuk dosis kedua sebesar 8.160.562 dengan proporsi 69% warga DKI dan 31% warga non-DKI.

Di sisi lain, Ngabila menyadari setidaknya masih ada 1,8 juta warga KTP DKI yang belum divaksinasi. Dia menyebut mayoritas dari mereka merupakan warga yang kerap beraktivitas di rumah dan lingkungan sekitar.

"Tapi kalau saya lihat mayoritas, mohon maaf, pada kondisi ekonomi rendah atau menengah ke bawah. Karena tidak menganggap vaksin diperlukan dan tidak dibutuhkan untuk masuk ke mal, pelaku perjalanan, untuk bekerja, bisa juga ibu rumah tangga yang nggak ke mana-mana. Dan dia mau vaksin nggak bisa ninggalin anak-anaknya. Ini perlu diidentifikasi sehingga kita bisa bantu untuk divaksin," jelasnya.

Terakhir, Ngabila melaporkan kondisi pandemi COVID-19 di Jakarta semakin melandai. Tercatat, penambahan kasus harian di DKI hanya berkisar 100 kasus per hari.

Merujuk pada situasi terkini, Ngabila meyakini DKI bisa segera masuk ke masa transisi dari pandemi menjadi endemi. Dia juga memastikan saat ini semua jenis vaksin aman bagi warga.

Seperti diketahui, Pemprov DKI sebelumnya menargetkan 11,4 juta warga disuntik vaksin COVID-19. Target ini dipasang usai Pemprov DKI memenuhi target 7,5 juta warga di Jakarta yang diminta Presiden Joko Widodo.

"Dari target 8,8 juta, kami menambah target menjadi 11 juta agar bisa memastikan seluruh warga Jakarta mendapatkan vaksin," kata Riza Patria kepada wartawan, Selasa (10/8).

Politikus Gerindra itu mengatakan upaya ini dilakukan demi menjamin seluruh warga Jakarta mendapatkan vaksin Corona. Dengan begitu, kekebalan komunal atau herd immunity segera tercapai.

Simak video 'Pemerintah Genjot Vaksinasi COVID-19 Jelang Libur Akhir Tahun':

[Gambas:Video 20detik]

(taa/fas)