TNI-Polri Operasi Khusus di Kabupaten Bogor-Tangerang Kejar Target Vaksinasi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 16:54 WIB
Panglima TNI dan Kapolri Pantau Vaksinasi di Pesantren Jaktim (Foto: dok Polri)
Ilustrasi / Serbuan vaksinasi COVID-19 yang dimotori TNI-Polri (Foto: dok Polri)
Jakarta -

Wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) masih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3. Jabodetabek sudah sebulan tak turun ke PPKM level 2 karena vaksinasi Corona di Kabupaten Bogor dan Tangerang belum mencapai target.

Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B Pandjaitan mengatakan personel TNI-Polri dan Kemenkes akan ikut mempercepat vaksinasi di kedua daerah tersebut.

"Bogor dan Tangerang akan dilakukan operasi khusus oleh TNI-Polri dan Kementerian Kesehatan untuk mengerahkan vaksinator-vaksinator untuk mempercepat target ini," kata Luhut dalam siaran di kanal Sekretariat Presiden, Senin (18/10/2021).

Diketahui, aturan naik-turunnya level PPKM di kabupaten/kota yang ada di wilayah aglomerasi harus dilakukan bersamaan. Untuk turun ke level 2, semua wilayah di Jabodetabek harus sudah memenuhi kriteria PPKM level 2, salah satunya angka capaian vaksinasi.

Luhut, yang menjabat koordinator PPKM Jawa-Bali, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi arahan agar Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang dikeluarkan dari wilayah aglomerasi Jabodetabek.

"Namun tadi Presiden memberikan arahan untuk tidak menahan kabupaten lain, maka Bogor dan Tangerang dikeluarkan dari Jabodetabek," ucapnya.

Luhut mengatakan atas persetujuan presiden Jokowi soal syarat vaksinasi kabupaten/kota aglomerasi diubah berdasarkan pencapaian daerah masing-masing.

"Dengan perubahan syarat vaksinasi untuk aglomerasi, mulai besok akan ada 54 kabupaten/kota yang berada di level 2 dan 9 kabupaten/kota di level 1," ucap dia.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.