Viral Video Knalpot Blong Sitaan Polisi Dijual di Internet, Ini Faktanya

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 15:02 WIB
Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar
Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Viral video knalpot blong sitaan polisi diduga dijual lagi di internet. Polisi membantah narasi itu.

Dilihat detikcom, Kamis (21/10/2021), dalam video tampak seorang pria ditilang oleh polantas. Kemudian memperlihatkan sepeda motor warna merah beserta knalpotnya.

Video itu juga memperlihatkan bukti perkara lalu lintas. Dan terakhir, video itu memperlihatkan knalpot yang diduga sama dengan yang terpasang itu dijual di marketplace Facebook.

Dalam narasi video itu, pengunggah menyebut ditilang pada14 Oktober 2021. Terus, pengunggah mengambil sepeda motornya beberapa hari kemudian.

"Terus saya ambil di tanggal 19 Oktober 2021 dengan catatan knalpot ditahan. FYI. Itu knalpot katanya bakal dihancurin, terus dibangun tugu knalpot. Ya udah kita ikuti prosedurnya," sebut pengunggah.

"Ganti knalpot standar beserta membayar denda-dendanya. Pas di tanggal 20 Oktober 2021, ngecek marketplcae FB. Knalpot-nya dijual," ungkap netizen itu.

"Tidak benar. Hoaks," kata Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar saat dimintai konfirmasi.

Sonny menyebutkan pihaknya tengah menyelidiki video itu. Namun Sonny menegaskan proses tilang itu dibenarkan oleh pihaknya.

"Jadi kita masih dalam penyelidikan kenapa sampai ada seperti itu di marketplace. Tapi yang pasti tanggal 19 Oktober kemarin yang bersangkutan ditilang. Kemudian dilakukan pembayaran. Kemudian barang buktinya langsung dilempar dimasukkan ke dalam (penampungan barang bukti)," ucap Sonny.

Sonny menuturkan bahwa knalpot itu masih ada. Dia menegaskan knalpot itu tak akan bisa keluar.

"Jadi kita klarifikasi di sini bahwa barang bukti itu tetap masih ada di dalam nggak akan bisa keluar dia," ujar Sonny.

Kemudian, Sonny menyebut, bagi si penyebar video itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan tim siber. Nanti tim siber yang bakal mengecek motifnya itu.

"Kita sudah sampaikan ke pimpinan nanti mungkin akan kita telusuri melalui siber. Kira-kira motifnya apa, dalam penyelidikan," sebut Sonny.

Simak juga 'Polresta Solo Gilas Ribuan Knalpot Brong Hasil Sitaan Sejak Maret 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)