TransJakarta 100% Kapasitas, Tanda Jarak Aman di Halte-Bangku Akan Dicopot

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 12:56 WIB
Suasana di Halte TransJakarta saat PPKM Level 2 di DKI.
Suasana di halte TransJakarta saat PPKM level 2 di DKI. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

TransJakarta kembali menerapkan kapasitas angkut penumpang 100 persen. Direktur Operasional PT TransJakarta Prasetia Budi mengatakan nantinya marka social distancing di bangku penumpang dan halte akan dicopot secara bertahap.

"TransJakarta kembali melayani pelanggan secara penuh, khususnya dalam hal kapasitas pelanggan. Hal ini sejalan dengan mulai pulihnya kegiatan masyarakat seiring status PPKM yang dinyatakan turun menjadi level 2. Jadi nanti semua marka atau tanda jarak aman yang terpasang di lantai halte, bus, dan bangku pelanggan akan dicopot secara bertahap," kata Prasetia dalam keterangannya, Kamis (21/10/2021).

Hal ini menindaklanjuti Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1245 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 COVID-19 dan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 441 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pembatasan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi Pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 COVID-19.

Prasetia menekankan penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 di area TransJakarta tetap diberlakukan. Penumpang yang hendak menaiki bus wajib menunjukkan bukti vaksinasi, baik melalui aplikasi PeduliLindungi, JAKI, maupun menunjukkan dokumen sertifikat.

"Hal ini untuk tetap memastikan pelanggan tetap merasa aman dan nyaman. Meski turun level, kita tidak boleh lengah. Untuk memastikan semua berjalan sesuai aturan yang berlaku, petugas layanan halte (PLH) kami siap di lapangan," katanya.

Terakhir, Prasetia menuturkan, jumlah bus akan ditambah secara bertahap. Hal ini sejalan dengan kembali normalnya kapasitas angkut.

Simak video 'Aturan Terbaru PPKM Level 2 di Jakarta Berdasarkan Kepgub Anies':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)