Bali PPKM Level Berapa Sekarang? Ini Kabar Baiknya

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 12:50 WIB
Jakarta -

Bali PPKM level berapa sekarang kini perlu diketahui kembali informasinya. Sebab, pemerintah telah memperpanjang kembali periode PPKM level 1 - 3 untuk wilayah Jawa Bali maupun luar Jawa Bali.

Pemerintah telah memastikan PPKM tiap daerah diperpanjang. Selain itu, terdapat perubahan level PPKM daerah, termasuk di Jawa-Bali.

"Mulai besok akan ada 54 kabupaten/kota di level 2, 9 kabupaten kota di level 1," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam jumpa pers pada Senin (18/10/2021).

Lantas, ada di level berapakah PPKM untuk wilayah Bali? Apa saja aturan terbaru yang diterapkan selama periode perpanjangan PPKM ini? Simak kabar baiknya berikut ini.

Bali PPKM Level Berapa Sekarang: Ini Jawabannya

Perpanjangan PPKM untuk wilayah Bali telah diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, level 2 dan level 1 COVID-19. Aturan tersebut telah ditandatangani Mendagri Tito Karnavian, Senin (18/10/2021) kemarin.

Wilayah Bali sendiri kini ada di PPKM level 2, dalam hal ini meliputi juga daerah-daerah seperti Kabupaten Jembrana, Kabupaten Bangli, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Buleleng, dan Kota Denpasar.

Sebelumnya diketahui bahwa pada periode PPKM sebelumnya, Bali menerapkan PPKM level 3. Artinya, sekarang Bali mengalami penurunan level yang cukup baik, yakni ada di level 2.

Bali PPKM Level Berapa Sekarang: Kapasitas Bioskop Jadi 70%

Setelah mengetahui bahwa Bali kini menerapkan PPKM level 2, kini ada baiknya mengetahui kabar baik lainnya dari pelonggaran aktivitas masyarakat di masa perpanjangan PPKM ini. Salah satunya dengan bertambahnya kapasitas penonton di bioskop.

Pemerintah juga menyesuaikan kapasitas bioskop untuk wilayah yang menerapkan PPKM level 2 dan 1, dengan kapasitas menjadi 70%. Anak-anak juga sudah diizinkan masuk bioskop.

"Kapasitas bioskop untuk level 1 dan 2 bisa dinaikkan menjadi 70%, dan anak-anak diperkenankan masuk bioskop untuk level 1 dan 2," kata Luhut.

Bali PPKM Level Berapa Sekarang: Tempat Bermain di Mal Boleh Dibuka

Kabar baik selanjutnya untuk wilayah yang menerapkan PPKM level 2 yaitu tempat bermain untuk anak-anak di mal diizinkan buka kembali. Namun, Luhut mengatakan harus ada aturan yang perlu dipenuhi.

"Kami mensyaratkan untuk tempat bermain anak harus mencatat nomor telepon serta alamat orang tua pada waktu anak bermain untuk kebutuhan tracing," ujar Luhut.

Bali PPKM Level Berapa Sekarang: Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Tempat Wisata

Selanjutnya, untuk anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun kini dibolehkan masuk ke tempat wisata. Hal ini sampaikan juga oleh Luhut dan hanya berlaku untuk wilayah yang menerapkan PPKM level 2.

"Anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk ke tempat wisata di level 2 yang dapat menggunakan PeduliLindungi dengan didampingi orang tua," tambah Luhut.

Tidak hanya itu saja, Luhut juga menyebut soal uji coba mengenai tempat wisata air. Wisata air kini dapat dibuka pada kabupaten/kota level 2 dan 1.

Baca selengkapnya serba-serbi Bali PPKM level berapa di halaman selanjutnya.