Round-Up

5 Aturan Baru PPKM Berlaku Mulai Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 06:00 WIB
Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi, Simak Penjelasannya
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)

3. Aturan Sopir Angkutan Logistik

Lebih lanjut, Luhut mengatakan bagi sopir angkutan logistik telah divaksin Corona dua kali, dapat menggunakan tes antigen yang dapat berlaku selama 14 hari untuk melakukan perjalanan domestik.

"Sopir logistik yang menjadi isu kemarin, dan kami sudah ketemu mereka, yang sudah vaksin dua kali dapat menggunakan tes antigen yang dapat berlaku selama 14 hari untuk melakukan perjalanan domestik," terang Luhut.

Selain itu, Luhut mengatakan, bakal ada random testing kepada para sopir angkutan logistik.

"Kami mengimbau bila ada sopir logistik yang merasa tidak nyaman dengan kondisinya segera melaporkan diri untuk diperiksa," kata Luhut yang juga koordinator PPKM wilayah Jawa dan Bali.

4. Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Tempat Wisata

Bagi anak-anak usia di bawah 12 tahun, Luhut mengatakan bahwa pemerintah telah membolehkan mereka untuk masuk ke tempat wisata. Hal itu berlaku di daerah PPKM level 2.

"Anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk ke tempat wisata di level 2 yang dapat menggunakan PeduliLindungi dengan didampingi orang tua," sebut Luhut.

5. Uji Coba Buka Wisata Ditambah

Selain itu, Luhut mengatakan pemerintah juga akan menambah uji coba tempat wisata di kabupaten/kota level 3. Penambahan itu sesuai dengan izin Kemenparekraf.

Luhut juga menjelaskan mengenai wisata air. Wisata air dapat dibuka pada kabupaten/kota level 2 dan 1.