Sowan ke Kesultanan Ternate, Ganjar Dapat Suguhan Spesial Kopi Rempah

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 17:44 WIB
Ganjar Pranowo
Foto: Istimewa
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sowan ke Kedaton Ternate menemui Pangeran Hidayat Mudaffar Sjah. Di sana, Ganjar mendapatkan jamuan spesial, salah satunya kopi rempah yang menjadi suguhan andalan Kesultanan Ternate.

"Kebesaran Kesultanan Ternate masih sangat terasa hingga saat ini. Bagaimana sebuah kerajaan di masa lalu mampu menguasai 60 teritorial lebih," kesan Ganjar seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (15/10/2021).

Ganjar mengaku takjub begitu mendengar cerita kekuasaan Kesultanan Ternate yang terbentang sampai ke Papua dan Filipina. Namun, kata Ganjar, dengan kekuasaan yang besar itu Kesultanan Ternate tetap berkontribusi untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Maka Bung Karno sangat hormat dengan Kesultanan Ternate. Tadi pangeran juga sempat bercerita Bung Karno beberapa kali singgah di Kedaton dan bersahabat dengan sultan Ternate waktu itu," ulas Ganjar.

Ia menyebut kerajaan-kerajaan yang ada di seluruh Tanah Air sudah semestinya bisa dioptimalkan untuk memperkuat kekayaan dan jati diri bangsa. Salah satunya dengan dibuatkan museum atau pengenalan warisan kebudayaan.

"Memberikan anggaran saja tidak cukup. Peran pemerintah saja tidak cukup, ini adalah identitas kita bersama, sejarah kita bersama. Maka harus kita optimalkan bersama-sama," seru Ganjar.

Pangeran Mudaffar mengaku senang dengan kedatangan Ganjar ke Kedaton Ternate. Ia berharap Ganjar dapat membantu peningkatan peran kerajaan di Indonesia dalam bidang-bidang tertentu.

"Senang sekali dikunjungi Pak Ganjar. Apalagi beliau ini dulu kan temannya ayah saya, Sultan Mudaffar Sjah ketika di DPR RI. Senang banget, perhatian beliau luar bisa untuk kami-kami ini. Semoga apa yang diimpikan Pak Ganjar tentang Kesultanan atau kerajaan bisa terwujud, yakni peningkatan peran kerajaan-kerajaan di Tanah Air ditingkatkan," ungkap Mudaffar.

(ega/ega)