Taman Tebet Jaksel Bakal Digenangi Air Saat Musim Hujan, Ini Alasannya

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 11:02 WIB
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta bakal menjadikan Taman Tebet di Jakarta Selatan sebagai tempat pengendalian banjir. Pada saat musim hujan tiba, taman ini akan digenangi air.

"Jadi kita akan menyiapkan semacam rain park. Jadi dulu orang tahunya taman ya hanya untuk dilihat, taman kering. Sekarang taman kita desain beda," kata Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Afan Andriansyah dalam diskusi virtual, Kamis (14/10/2021).

Afan menuturkan Taman Tebet akan memiliki dua fungsi. Pada saat musim kemarau akan menjadi ruang terbuka hijau (RTH) dan di musim hujan sebagai ruang terbuka biru (RTB).

Menurutnya, rencana ini sejalan dengan konsep dari naturalisasi yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sehingga taman ini siap digenangi saat musim hujan.

"Sejalan dengan konsep naturalisasi, taman yang disiapkan adalah taman yang akan siap digenangi pada saat musim hujan. Tapi pada saat musim kering, dia berfungsi full sebagai taman," jelasnya.

Afan enggan memerinci lebih lanjut terkait konsep pembangunan Taman Tebet. Yang jelas, dia menyatakan taman ini akan diresmikan oleh Anies dalam waktu dekat.

"Saya nggak cerita banyak, sekarang lagi berproses. Nanti bisa dilihat sendiri, lokasinya ada di Taman Tebet. Mudah-mudahan nggak lama diresmikan oleh Pak Gubernur. Ini bocoran awal, kayaknya ini berbeda dari taman-taman yang lain," terangnya.

(taa/lir)