Sebelum Kabur, Rachel Vennya Tempati Karantina Khusus TKI

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 06:58 WIB
Jakarta -

Selebgram Rachel Vennya diduga kabur saat menjalani karantina di RSDC Wisma Pademangan, Jakarta Utara. Rachel Vennya diduga tak berhak menempati lokasi karantina khusus TKI itu.

Hal ini diungkap oleh Kapendam Jaya, Kolonel Herwin. Dia mengatakan hanya ada tiga kriteria yang boleh dikarantina di Wisma Atlet, yakni:

1) Para pekerja migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Indonesia dan menetap minimal 14 hari di Indonesia
2) Pelajar/mahasiswa Indonesia setelah mengikuti pendidikan atau melaksanakan tugas belajar dari luar negeri
3) Pegawai pemerintah RI yang kembali ke Indonesia setelah melaksanakan perjalanan dinas dari luar negeri

"Pada kasus selebgram Rachel Vennya menunjukkan bahwa yang bersangkutan tidak berhak mendapat fasilitas tersebut," ujar Herwin dalam keterangannya, Rabu (13/10/2021).

Kabur Dibantu Oknum TNI

Kaburnya Rachel diduga melibatkan oknum TNI berinisial FS. Herwin menuturkan pihaknya masih melakukan penyelidikan mendalam.

"Saat ini Pihak Kodam Jaya sedang dalam proses penyelidikan terkait berita kaburnya Selegram Rachel Vennya dari Karantina di RSDC Wisma Atlet Pademangan, pemeriksaan yang dilakukan dimulai dari hulu sampai ke hilir," kata Kolonel Herwin.

Kolonel Herwin menjelaskan, Kodam Jaya selaku Kogasgabpad COVID-19 melakukan pemeriksaan dimulai di Bandara sampai dengan di RSDC Wisma Atlet Pademangan. Setelah merunut kejadian kaburnya Rachel Vennya, ditemukan adanya dugaan keterlibatan oknum.

"Dari hasil penyelidikan sementara, terdapat temuan bahwa adanya Oknum anggota TNI bagian Pengamanan Satgas di Bandara yang melakukan tindakan nonprosedural," ucap Kolonel Herwin.