Aksi Bantu Kabur Rachel Vennya Sudah Dimulai Sejak Penjemputan di Soetta

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 20:59 WIB
Jakarta -

Selebgram Rachel Vennya dibantu kabur dari karantina oleh oknum anggota TNI berinisial FS. Aksi itu sudah dimulai sejak Rachel Vennya mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten dari luar negeri.

Hal itu terungkap dari penelusuran yang dilakukan oleh Kodam Jaya. Kapendam Jaya, Kolonel Herwin BS dalam rilisnya mengatakan bahwa oknum anggota TNI melakukan tindakan nonprosedural di Bandara Soetta.

"Dari hasil penyelidikan sementara, terdapat temuan bahwa adanya oknum anggota TNI bagian Pengamanan Satgas di Bandara yang melakukan tindakan nonprosedural," kata Kolonel Herwin dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (13/10/2021).

Kolonel Herwin mengatakan bahwa oknum TNI FS telah mengatur agar Rachel Vennya dapat menghindari prosedur karantina. Prosedur karantina itu seharusnya dilakukan oleh setiap warga negara yang melakukan perjalanan dari luar negeri.

Kolonel Herwin mengatakan Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji memerintahkan proses pemeriksaan dan penyidikan dilakukan terhadap oknum itu. Selain itu, penyelidikan juga akan dilakukan terhadap tenaga sektor kesehatan, tenaga pengamanan, dan penyelenggara karantina lainnya.

Pangdam Jaya Minta Lakukan Pemeriksaan

Setelah ditemukan keterlibatan oknum TNI, Pangdam Jaya selaku Pangkogasgabpad COVID-19, Mayjen TNI Mulyo Aji memerintahkan penyidikan terhadap FS. Herwin menyebutkan Mayjen Mulyo Aji meminta proses pemeriksaan dilakukan cepat.

"Penyelidikan juga akan dilakukan terhadap tenaga sektor kesehatan, tenaga pengamanan dan penyelenggara karantina lainnya agar diperoleh hasil yang maksimal sebagai bahan evaluasi sesuai dengan SE Satgas COVID19 Nomor 18 Tahun 2021 yang mana bahwa tamu atau warga yang baru datang dari luar negeri wajib melaksanakan karantina selama 8x24 jam," kata Kolonel Herwin.

(lir/tor)