Gempa di Yogyakarta Hari Ini: Cerita Warga Saat Diguncang Gempa

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 16:07 WIB

Cerita Gempa di Yogyakarta: Warga Kulon Progo Juga Rasakan Getaran Gempa

Warga Kulon Progo turut merasakan cerita gempa di Yogyakarta. Salah satu warga Kulon Progo, Udi Farjanto (40), mengatakan getaran gempa cukup terasa sampai ada bunyi retakan atap di rumah.

"Kerasa (getaran banget) banget tadi, huyug-huyug gitu sampai ada bunyi seperti retakan di atap rumah saya," kata warga Kelurahan Bendungan, Kapanewon Wates, Kulon Progo, Udi Farjanto (40), kepada detikcom, Rabu (13/10/2021).

Getaran dalam cerita gempa di Yogyakarta hari ini berlangsung cukup singkat. Dia menjelaskan, getaran hanya terjadi lima sampai tujuh detik.

Hal senada juga diungkapkan Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo Aris Widiatmoko. Kepada detikcom, dia menyebutkan cerita gempa di Yogyakarta hari ini hanya menyebabkan sedikit getaran.

"Iya tadi lumayan kerasa, kebetulan pas kejadian itu saya lagi jaga di pos, tapi cuma sebentar getarannya," ucap Aris lewat pesan singkat.

Cerita Gempa di Yogyakarta: Warga Bantul Juga Rasakan Getaran Gempa

Cerita gempa di Yogyakarta hari ini datang dari warga Bantul. Salah seorang warga Riza Marzuki membenarkan adanya gempa, sehingga guncangannya cukup terasa. Siang itu, dia tengah tidur di dalam rumah, getaran gempa pun membuatnya terbangun.

"Tadi lagi tiduran dan tiba-tiba terasa huyug-huyug gitu," katanya kepada detikcom, Rabu (13/10/2021).

Warga lainnya Bambang mengungkapkan, dia juga merasakan getaran gempa hari ini. Saat itu, dia tengah menelpon rekannya di teras rumah.

"Tadi merasakan gempa saat duduk-duduk di teras rumah. Nah, pas telepon kok tiba-tiba kursi yang saya duduki seperti bergoyang. Kalau durasinya hanya sekitar 5 detik saja," kata Bambang.

Untuk memastikan gempa yang terjadi, dia mencoba menghubungi rekannya melalui telepon. Bahkan, saat gempa berlangsung burung perkutut peliharannya sempat mengoceh.

"Apalagi burung perkutut punya saya langsung manggung (mengoceh) saat kejadian itu," pungkasnya.

Itulah sejumlah cerita dari gempa di Yogyakarta hari ini. Tetaplah tenang dan waspada jika ada kemungkinan gempa susulan ya.


(izt/imk)