Info Gempa BMKG: Pusatnya di Pacitan, Terasa sampai Yogya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 14:11 WIB
Jakarta -

Info gempa BMKG yang berpusat di Pacitan juga dirasakan oleh masyarakat di Yogyakarta. Gempa terjadi pada hari ini 13 Oktober 2021 pada sekitar pukul 12.00 WIB.

Saat ini belum diketahui apakah ada korban atau kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut. Berikut informasi mengenai gempa yang mengguncang beberapa daerah di Jawa Timur tersebut.

Info Gempa BMKG: Berkekuatan Magnitudo 4,8

Berdasarkan informasi di akun Twitter resmi BMKG, gempa tersebut berpusat dari laut selatan Pacitan. Diketahui bahwa gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,8.

Gempa ini berasal dari kedalaman 55 km di bawah permukaan laut. Walaupun gempa terasa cukup kencang di beberapa daerah di Jawa Timur, BMKG mengungkapkan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Info Gempa BMKG: Terasa di Beberapa Daerah di Jawa Timur

Berdasarkan data dari BMKG, gempa terasa di beberapa daerah di Jawa Timur. Seperti Pacitan, Trenggalek, Wonogiri, Gunungkidul, Bantul, dan Yogyakarta.

Di Pacitan, Trenggalek, dan Wonogiri, gempa dirasakan dengan skala MMI III. Hal ini berarti getaran dirasakan walaupun di dalam ruangan. Terasa getaran seakan-akan seperti ada truk berlalu.

Selain itu, di Wonogiri, Gunungkidul, Bantul, dan Yogyakarta, gempa dirasakan dengan skala MMI II. Hal ini artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang. Selain itu, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.


Info Gempa BMKG: Cerita Warga Yogyakarta

Gempa yang turut mengguncang Yogyakarta ini cukup membuat warga sedikit panik. Warga Kulon Progo, Yogyakarta, Udi Farjanto, membagikan kisahnya. Menurutnya, getaran yang terjadi berbunyi seperti adanya retakan di atap rumahnya.

"Kerasa (getaran) banget tadi, huyug-huyug gitu sampai ada bunyi seperti retakan di atap rumah saya," ujar warga Kelurahan Bendungan, Kapanewon Wates, Kulon Progo, Udi Farjanto (40), kepada detikcom, Rabu (13/10/2021).

Ia menyebut getaran gempa berlangsung cukup singkat, hanya lima sampai tujuh detik. Saat getaran gempa itu terasa pun dia langsung berniat ke luar rumah.

Sementara itu, hal yang sama diungkapkan oleh Aris Widiatmoko. Diketahui bahwa Aris adalah Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo.

"Iya tadi lumayan kerasa, kebetulan pas kejadian itu saya lagi jaga di pos, tapi cuma sebentar getarannya," ucap Aris.

Aris mengatakan berdasarkan informasi yang ia peroleh dari BMKG sumber gempa berasal dari perairan Pacitan, Jawa Timur. Aris juga mengungkapkan bahwa ombak di pantai terlihat normal.

"Informasi yang saya dapat tadi sumber gempa dari perairan Pacitan. Adapun untuk pemantauan petugas kami di lapangan sementara ombak pantai masih tergolong normal, semoga saja tetap aman dan terkendali," sambungnya.

Demikian info gempa BMKG yang berpusat di Pacitan. Tetap hati-hati dan waspada ya.

(izt/imk)