Info Gempa Hari Ini di Papua Barat dan Pacitan

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 15:29 WIB
Info Gempa Hari Ini di Papua Barat dan Pacitan
Info Gempa Hari Ini di Papua Barat dan Pacitan -- Seismograf, alat perekam getaran gempa (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Jakarta -

Gempa hari ini mengguncang Tambrauw, Papua dan Pacitan. Tambrauw diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,3 pada pukul 10:00 WIB, sedangkan Pacitan diguncang gempa bermagnitudo 4,8 pada pukul 12.00.45 WIB.

Lantas, bagaimana informasi lebih lanjut menurut BMKG? Untuk mengetahuinya, simak informasi berikut ini.

Gempa Hari Ini: Tambrauw, Papua

Gempa berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Tambrauw, Papua Barat hari ini, pukul 10.00 WIB pagi. Menurut informasi resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di akun Twitter mereka, Rabu (13/10/2021), gempa terjadi di 99 km timur laut Tambrauw, Papua Barat.

"Kedalaman 10 km," tulis BMKG.

BMKG memberi informasi bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Belum ada informasi lebih lanjut tentang dampak gempa di Tambrauw, Papua Barat.

Gempa Hari Ini: Pacitan, Jawa Timur

Gempa hari ini juga mengguncang Pacitan, Jawa Timur. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4.8, terjadi pada pukul 12:00:47 WIB. Lokasi gempa berada di 8.87 Lintang Selatan, 110.97 Bujur Timur.

Sementara itu, pusat gempa berada di laut 78 km selatan Pacitan, dengan kedalaman 55 Km. Gempa tersebut dirasakan (MMI) III Pacitan, III Trenggalek, III Wonogiri, II Gunung Kidul, II Bantul, II Yogyakarta.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Dianitta Agustinawati menyampaikan bahwa ia belum mendapat laporan mengenai dampak gempa. Diketahui pihaknya masih berkoordinasi dengan unsur wilayah.

"Mudah-mudahan tidak ada dampak serius. Yang penting kesiapsiagaan masyarakat dalam hal pengurangan risiko harus terus dipupuk," kata Diannita saat dihubungi detikcom, Rabu (13/10/2021).

Dianitta mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak benar keberadaannya. Hingga sekarang diketahui belum ada laporan terkait kerusakan fasilitas umum ataupun aset warga dan dampak-dampak gempa lainnya. Masyarakat kembali beraktivitas.

Soal gempa hari ini juga dapat di lihat di halaman selanjutnya.

Simak video 'Gempa Berpusat di Pacitan, Terasa Sampai Yogya':

[Gambas:Video 20detik]