Gempa Pacitan Hari Ini: Info Pusat Gempa dan Kekuatannya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 13:53 WIB
Jakarta -

Gempa Pacitan baru saja terjadi siang ini. Berikut info gempa terkini yang dirangkum detikcom.

Gempa Pacitan: Pusat Gempa Hari Ini

Dilihat dari akun twitter @infoBMKG, gempa berlangsung pukul 12.00 WIB yang menggucang laut Pacitan. Berdasarkan laporan BMKG, gempa Pacitan berada di laut 78 km Selatan Pacitan.

Kedalaman gempa 55 Km dan kekuatannya adalah M 4,8. Gempa dirasakan MMI III Pacitan, MMI III Trenggalek, MMI III Wonogiri, MMI II Gunung Kidul, MMI II Bantul dan MMI II Yogyakarta.

Lantas, apa yang dimaksud dengan MMI dalam catatan gempa Pacitan kali ini? Untuk mengetahuinya, mari simak penjelasan di bawah ini.

Gempa Pacitan: Mengenal MMI Lebih Jauh

Mengacu situs bmkg.go.id, MMI merupakan singkatan dari Modified Mercalli Intensity. Skala MMI menjadi skala satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan pada tahun 1902 oleh vulkanologis Italia yang Bernama Giuseppe Mercalli. Karena jasanya, hingga kini satuan MMI kerap digunakan untuk mengukur gempa.

Skala Mercalli terbagi menjadi 12 pecahan. Informasi ini berlandaskan dari orang-orang yang selamat dari gempa bumi. Hal lainnya juga melihat perbandingan tingkat kerusakan akibat gempa.

Dengan demikian, skala Mercalli cukup subjektif dan kurang tepat kalau dibandingkan dengan perhitungan magnitudo gempa yang lain. Sejalan dengan gempa Pacitan kali ini, skala Richter memang lebih luas digunakan untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Tahun 1931, skala Mercalli sempat dimodifikasi oleh ahli seismologi Harry Wood dan Frank Neumann. Kala itu, Mercalli masih sering digunakan, khsusunya kalau ada peralatan seismometer yang dapat mengukur kekuatan gempa bumi di lokasi kejadian.

Soal gempa Pacitan juga dapat dilihat di halaman selanjutnya.