Masih Menanti Penjelasan soal Isu Rachel Vennya Kabur dari Karantina

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 11:21 WIB
Rachel Vennya
Rachel Vennya (Foto: dok. Instagram @rachelvennya)

Menanti Penjelasan RSDC Pademangan

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan konfirmasi terkait kabar kaburnya selebgram Rachel Vennya bersama kekasih, Salim Nauderer, saat karantina menjadi kewenangan Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Pademangan, Jakarta Utara (Jakut). Wiku meminta masyarakat menunggu konfirmasi pihak RSDC Pademangan.

"Iya, RSDC Pademangan-lah yang digunakan untuk karantina WNI dari luar negeri. Mohon menunggu konfirmasi dari pihak terkait saja," kata Wiku kepada detikcom, Senin (11/10).

Wiku menegaskan kebijakan karantina bagi pelaku perjalanan dari luar negeri diterapkan untuk keselamatan bersama dari ancaman virus COVID-19. Wiku menambahkan pihaknya terus mengawasi dan mengevaluasi penerapan kebijakan karantina di lapangan.

"Pada prinsipnya kebijakan ini ditetapkan untuk keselamatan bersama. Saat ini monitoring dan evaluasi implementasi kebijakan di lapangan terus dilakukan," jelas Wiku.

Satgas Bakal Tindak Lanjuti

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan akan mengecek kebenaran kabar Rachel Vennya kabur dari RSDC Pademangan saat menjalani karantina. Pengecekan akan dilakukan bersama Satgas Penanganan COVID-19.

"Yang pasti bersama Satgas ini akan ditelusuri dan dicek," ujar juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi, saat menanggapi kabar tersebut, Senin (11/10).

Nadia menegaskan semua orang harus mematuhi aturan karantina. Dia memastikan sudah ada standard operating procedure (SOP) untuk memastikan wajib karantina bagi pelaku perjalanan dari luar negeri.

"Semua harus patuh sesuai aturan tanpa kecuali. Pasti akan ada langkah-langkah untuk memastikan aturan dilaksanakan," ujar Nadia.

Hingga saat ini, belum ada penjelasan dari satgas terkait kabar kaburnya Rachel Vennya. Di sisi lain, Vien Tasman, ibunda Rachel Vennya, mengaku tidak tahu-menahu soal kabar yang sedang ramai dibicarakan. Dihubungi lewat sambungan telepon, dia menjawab singkat dan enggan berkomentar.

"Nggak tahu ya. No comment, deh ya," kata Vien Tasman saat dihubungi detikcom, Minggu (10/10).


(fas/tor)