Bahas Tambang Emas Ilegal, Anggota DPRD di Jambi-Warga Nyaris Adu Jotos

Ferdi Almunanda - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 21:53 WIB
Jambi -

Anggota DPRD Kabupaten Bungo Jambi nyaris baku hantam dengan salah seorang warga saat menggelar rapat di gedung Dewan. Peristiwa itu terjadi saat pembahasan maraknya tambang emas ilegal.

Dari informasi yang diterima, keributan pertama terjadi antara anggota DPRD Bungo Jambi Fraksi Gerindra, Darwandi, dan warga bernama Debi itu dipicu adanya perkataan yang kurang baik yang dilontarkan oleh Debi.

Kala itu, Debi sebagai perwakilan warga Bungo mengadu pada wakil rakyat tentang maraknya aktivitas tambang emas ilegal di Desa Batu Kerbau di Bungo Jambi. Aktivitas di situ bahkan sudah merajalela lantaran adanya pembekingan oleh oknum aparat dan oknum dewan.

Perkataan warga itu kemudian memicu emosi dari Darwandi. Darwandi tidak terima ucapan Debi hingga nyaris terjadi adu Jotos.

Memuncaknya emosi Darwandi kala itu lantaran dia tidak terima jika lembaga DPRD disebut ikut bermain atau membekingi tambang emas ilegal di Bungo Jambi.

Keributan di antara keduanya pun terjadi kala rapat masih berlangsung di gedung DPRD. Tak hanya Darwandi, salah seorang dewan Fraksi Hanura, Asnandi, juga ikut terpancing emosi.

Asnandi bahkan mengajak warga tersebut tersebut berduel berkelahi. Beruntung keributan itu dapat ditengahi oleh pihak kepolisian dan peserta rapat lainnya.

Penjelasan DPRD Bungo Jambi

Seusai rapat, Wakil Ketua I DPRD Bungo Jambi, Martunis, menjelaskan keributan yang terjadi tadi saat rapat itu hanya kesalahpahaman biasa. Ia juga menyampaikan keributan juga dipicu miskomunikasi antara seorang anggota DPRD dan warga hingga memancing emosi.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.