detikcom Do Your Magic

Ada Sampah di Saluran Tanah Baru, Depok Pastikan Satgas Banjir Menangani

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 20:43 WIB
Sampah di saluran Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, 12 Oktober 2021. (Syarifudin via PasangMata detikcom)
Sampah di saluran Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, 12 Oktober 2021 pagi. (Syarifudin via PasangMata detikcom)
Depok -

Warga melaporkan ada sampah di saluran air Tanah Baru, Kota Depok, Jawa Barat. Pemerintah Kota Depok memastikan sampah bakal diangkut, pelaksanaan tinggal menunggu giliran.

"Kota Depok banyak dikelilingi kali irigasi sekunder dan tersier sehingga Satgas Banjir menangani sampah di kali secara periodik dan bergilir," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti, kepada detikcom, Selasa (12/10/2021).

Citra menjelaskan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok punya Satuan Tugas (Satgas) Banjir untuk menangani masalah terkait aliran air dan pencegahan banjir. Namun personel Satgas Banjir terbatas. Maka penanganan harus bergiliran.

"Petugas Satgas Banjir karena jumlah tim dan armadanya terbatas dan harus menangani 11 kecamatan dan 63 kelurahan," kata Citra.

Tadi pagi, warga setempat bernama Syarifudin menyampaikan informasi via PasangMata detikcom, tumpukan sampah itu dilihatnya di saluran air pinggir Jl Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, sekitar 200 meter dari RS Umum Bhakti Yudha ke arah utara.

Terlihat, tumpukan sampah itu terganjal oleh jembatan yang rendah. Jembatan rendah bercat merah. Sampah itu didominasi oleh kantong-kantong plastik mengapung yang tak bisa lewat.

"Semoga jangan sampai ada sampah nyangkut. Ini mengganggu aliran. Kalau hujan deras bisa tambah banjir. Semoga segera diangkut sampahnya," kata Syarifudin.

(dnu/dnu)