detikcom Do Your Magic

Sampah Menumpuk di Saluran Tanah Baru Perlu Diangkut demi #CegahBanjir

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 12:54 WIB
Sampah di saluran Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, 12 Oktober 2021. (Syarifudin via PasangMata detikcom)
Sampah di saluran Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, 12 Oktober 2021. (Syarifudin via PasangMata detikcom)
Jakarta -

Sampah menumpuk di saluran air Tanah Baru, Depok, Jawa Barat. Warga minta petugas Pemerintah Kota Depok menyingkirkan tumpukan sampah ini agar tidak menimbulkan banjir.

Warga setempat bernama Syarifudin menyampaikan informasi via PasangMata detikcom, tumpukan sampah itu dilihatnya di saluran air pinggir Jl Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, sekitar 200 meter dari RS Umum Bhakti Yudha ke arah utara, Selasa (12/10/2021) pukul 07.30 WIB tadi.

Terlihat, tumpukan sampah itu terganjal oleh jembatan yang rendah. Jembatan rendah bercat merah. Sampah itu didominasi oleh kantong-kantong plastik mengapung yang tak bisa lewat.

"Ini kalau pas lagi surut, air relatif lancar. Cuma sekarang air lagi penuh, pasti sampah nyangkut seperti ini," kata Syarifudin saat dihubungi detikcom lebih lanjut.

Dia menyampaikan tak ada hujan deras mengguyur Depok seharian ini. Namun saluran air ini bisa saja penuh air meski Depok tidak diguyur hujan.

"Mungkin daerah Bogor hujan," kata dia.

Dia berharap sampah-sampah ini segera diangkut oleh petugas dari Pemerintah Kota Depok. Soalnya, ini sudah pertengahan Oktober. Sebentar lagi, musim hujan bakal datang dan masalah sampah yang menyumbat saluran air bisa mengakibatkan banjir. Terlebih, sampah menumpuk tidak sehat untuk lingkungan.

"Semoga jangan sampai ada sampah nyangkut. Ini mengganggu aliran. Kalau hujan deras bisa tambah banjir. Semoga segera diangkut sampahnya," kata Syarifudin.

(dnu/dnu)