Kali Cisadane Diduga Tercemar Limbah, Warga Berburu Ikan Mabuk

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 19:14 WIB
Warga Ramai-ramai Tangkap Ikan Mabuk di Kali Cisadane
Warga ramai-ramai menangkap ikan mabuk di Kali Cisadane. (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Beredar video viral di media sosial yang menunjukkan warga sekitar menangkap ikan di bantaran Sungai Cisadane, Tangerang. Ikan-ikan tersebut mabuk diduga imbas limbah sehingga muncul ke permukaan dan mendekat ke pinggiran sungai.

Dalam video tersebut, terlihat banyak warga yang menangkap ikan dari pinggiran Sungai Cisadane. Tampak pula sejumlah warga hingga menyelam setengah badan untuk menangkap ikan dengan menggunakan alat tangguk.

Bahkan dalam salah satu foto, terlihat lima orang warga menggunakan sampan untuk menangkap ikan. Ikan-ikan yang sudah ditangkap tampak ditaruh dalam sebuah karung berwarna putih.

Pantauan detikcom di lokasi, tepatnya di bawah Jembatan Merah di Jl Perintis Kemerdekaan, Tangerang, di pinggiran Sungai Cisadane, Selasa (12/10/2021) pukul 17.30 WIB, terpantau masih banyak warga yang memancing dan menangkap ikan menggunakan tangguk dari pinggir sungai. Terlihat warga dari berbagai kalangan usia, mulai anak-anak hingga orang dewasa, asyik menangkap ikan.

Warga Ramai-ramai Tangkap Ikan Mabuk di Kali CisadaneWarga ramai-ramai menangkap Ikan Mabuk di Kali Cisadane (Foto: Rakha/detikcom)

Tampak ikan-ikan tersebut muncul ke permukaan dan mendekat di bantaran sungai. Ikan-ikan itu pun terlihat langsung ditangguk warga.

Bahkan ada warga yang langsung menangkap ikan dengan tangan kosong. Selain itu, tampak banyak sampah, seperti potongan kayu dan plastik, mengalir di sepanjang aliran sungai.

Terlihat seorang anak laki-laki menangkap lobster yang juga diduga mabuk dengan tangan kosong. Terpantau suasana di sekitar lokasi banyak warga duduk santai di area pedestrian sungai sambil melihat sejumlah warga lainnya menangkap ikan.

Rahmad (56), seorang warga sekitar yang turut menangkap ikan di Sungai Cisadane, mengaku fenomena tersebut jarang terjadi. Dirinya menduga ikan mabuk tersebut diakibatkan karena tercemar cairan limbah.

"Jarang sih. Nggak sering. Gara-gara limbah itu. Lihat saja banyak sampah," kata Rahmad saat ditemui detikcom di lokasi, Selasa (12/10/2021).

Warga lainnya bernama Rudi (30) menyebut ikan yang dia tangkap rencananya akan dibawa pulang untuk dimasak. Dirinya pun sama sekali tidak merasa khawatir soal ikan mabuk yang diduga tercemar cairan limbah tersebut.

"Ya kalau saya buat masak di rumah (ikan). Nggak sih, saya nggak khawatir," ujar Dedi.

(rak/knv)