Harun Al Rasyid Dulu 'Raja OTT' KPK Kini Berdagang, Ini Profilnya

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 17:34 WIB
Harun Al Rasyid Dulu Raja OTT KPK Kini Berdagang, Ini Profilnya
Harun Al Rasyid Dulu 'Raja OTT' KPK Kini Berdagang, Ini Profilnya (Foto: Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Harun Al Rasyid merupakan salah satu pegawai KPK yang diberhentikan usai tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). Ia sebelumnya memiliki peran penting di KPK dan mendapat julukan 'Raja OTT' karena kemampuannya yang sering melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Lantas bagaimana profil Harun Al Rasyid? Apa alasannya dipecat KPK? Apa pekerjaannya sekarang? Untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut ini.

Harun Al Rasyid Eks Pegawai KPK: Ini Profilnya

Pria bernama lengkap Harun Al Rasyid ini merupakan mantan Penyelidik Utama KPK (Kasatgas). Dia juga adalah seorang Doktor Hukum dan salah seorang pegawai KPK angkatan pertama. Ia biasa dipanggil dengan sapaan Cak Harun.

Diceritakan oleh salah satu mantan penyelidik KPK lainnya yang juga dipecat, Aulia Postiera, melalui akun Twitter-nya, Harun Al Rasyid adalah sosok yang produktif, baik dalam pemberantasan korupsi ataupun hal lainnya.

"Saat aktif sebagai Penyelidik KPK, Harun sangat sibuk dan produktif. Ia membagi waktunya untuk menyelidiki perkara, sebagai Pengurus Wadah Pegawai KPK, pengurus Masjid Al Ikhlas KPK, mengajar mengaji di pesantrennya dan menulis buku. Harun biasanya menjadi imam salat Isya di Masjid KPK," ungkap Aulia.

"Harun merupakan salah seorang penyelidik berprestasi dan menjadi panutan banyak juniornya di KPK. Banyak dari kasus OTT yang ditanganinya bersama anggota satgasnya dalam beberapa tahun terakhir, sehingga dia tak salah juga mendapat julukan sebagai Raja OTT," lanjut Aulia.

Harun Al Rasyid Eks Pegawai KPK: Alasan Dijuluki 'Raja OTT'

Harun sebelumnya juga pernah bicara di kanal YouTube Najwa Shihab yang diunggah pada 28 Mei 2021 mengenai julukan 'Raja OTT' yang diberikan kepadanya. Harun menceritakan bahwa Firli Bahuri, yang dulu bertugas sebagai Deputi Penindakan KPK, memberikan julukan itu kepada dirinya.

"Saya punya hubungan yang lebih khusus kalau dengan Firli. Jadi, ketika dia jadi deputi, saya dijuluki sama Firli itu raja OTT karena OTT terbanyak itu adalah pada saat Firli jadi deputi, 2018," kata Harun pada Najwa.

"Waktu itu 29 OTT," kata Harun.

Harun Al Rasyid dipecat KPK hingga pekerjaannya saat ini dapat dicek di halaman selanjutnya.

Simak video 'Nasib Novel Cs Usai Dipecat KPK: Jual Nasi Goreng Hingga Sibuk Zooming':

[Gambas:Video 20detik]