Viral Preman Pungli Uang Keamanan di Jambi, Faktanya Mengejutkan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 15:18 WIB
Jambi -

Video menunjukkan seorang pria meminta uang keamanan ke sopir truk di Jambi viral di media sosial. Bagaimana fakta sebenarnya?

Dilihat detikcom, Selasa (12/10/2021), dalam video viral itu terlihat seorang pria berkaus merah menggunakan sepeda motor putih berhenti di depan truk. Pria di motor itu kemudian mengetuk kaca truk.

"Apo Bang? Ndak ado lagi duit," ujar sopir truk yang merekam kejadian itu.

"Dua puluh, dua puluh, uang keamanan. Jangan ngeyel kali kau," ujar pria berbaju merah itu.

Pengunggah video menyebut peristiwa itu terjadi pada Kamis (7/10). Lokasi kejadian berada di Pasar Kresik Tuo, Kayu Aro, Kerinci, Jambi.

"Katanya uang keamanan, padahal kalau dia nggak ada malah lebih aman," tulis pengunggah video.

Fakta Mengejutkan

Fakta mengejutkan di balik video viral ini kemudian terungkap lewat video yang diunggah Polda Jambi. Link video di kanal YouTube Jambi Police itu diposting oleh akun Twitter resmi Polda Jambi.

"Klarifikasi terkait permasalah ini," tulis akun Twitter Polda Jambi.

Dalam video klarifikasi itu, si pria yang diduga preman memberi penjelasan soal identitasnya. Dia mengaku bernama Syafii (41) dan merupakan warga Ogan Komering Ulu (OKU).

"Sehubungan dengan beredarnya video pemerasan atau pungutan liar oleh preman terhadap sopir truk di lokasi STA Kayu Aro yang viral di media sosial, dengan ini saya menyampaikan bahwa video tersebut direkam oleh teman saya sendiri yang bernama Susilo Nurdianto," ujar Syafii.

Simak kelanjutannya di halaman selanjutnya