Bobby Acungi Jempol BNN Gerebek Pesta Ganja di Kampus FIB USU

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 11:24 WIB
Wali Kota Medan, Bobby Nasution (Datuk-detikcom)
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Datuk/detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution memuji langkah BNN dan Rektorat Universitas Sumatera Utara (USU) yang bekerja sama menggerebek peredaran narkoba di kampus FIB USU. Bobby mengatakan peredaran narkoba harus diberantas.

"Kita juga selalu apresiasi kegiatan dari pihak berwajib yang betul-betul serius dalam penanganan atau mengurangi penyebaran narkoba di Kota Medan," ucap Bobby kepada wartawan, Selasa (12/10/2021).

Menantu Presiden Jokowi ini meminta semua pihak menjauhi narkoba. Dia berharap kasus peredaran narkoba seperti di kampus FIB USU tak terulang lagi.

"Kita selalu bilang jauhi narkoba," kata Bobby.

Sebelumnya, penggerebekan di kampus FIB USU, Medan, tersebut dilakukan pada Sabtu (9/10) malam. Saat digerebek, ada 47 orang yang berada di lokasi.

Sebanyak 31 orang di antaranya dinyatakan positif ganja berdasarkan hasil tes urine. Sedangkan 16 orang lainnya negatif narkoba.

"Jadi, saat razia, kami menemukan 47 orang di TKP. Kami tes urine, 31 positif menggunakan ganja. Sedangkan yang 16 negatif tidak kami bawa ke kantor," sebut Kepala BNNP Sumut Toga Panjaitan, Senin (11/10).

BNN juga mengamankan sejumlah barang bukti ganja. Barang haram itu disebut diketahui milik salah satu orang yang diamankan berinisial JHS. JHS disebut mendapat ganja dari wanita berinisial D. Wanita ini pun lalu ditangkap petugas.

"Kami kejar, hari Minggu, kami tangkap D bersama teman lakinya, FAY, di Jalan Cemara Ujung," ucap Toga.

Toga menyebut JHS, D, serta FAY dijerat sebagai tersangka pengedar. Sementara itu, 30 orang lainnya diduga merupakan pelaku penyalahgunaan narkoba.

Dari 30 itu, 14 di antaranya mahasiswa USU. Mereka nantinya bakal direhabilitasi.

(haf/haf)