Sudah Vaksin tapi Belum Terdaftar, Ini yang Harus Kamu Lakukan

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 20:33 WIB
Sudah Vaksin tapi Belum Terdaftar, Ini yang Harus Kamu Lakukan
Sudah Vaksin tapi Belum Terdaftar, Ini yang Harus Kamu Lakukan -- ilustrasi (Foto: Dok.detikcom)
Jakarta -

Sudah vaksin tapi belum terdaftar tentu menjadi kendala saat hendak beraktivitas di masa PPKM saat ini. Hal ini lantaran sertifikat vaksin jadi syarat wajib untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah.

Selain membatasi moblitas masyarakat demi mencegah lonjakan kasus COVID-19, pemerintah juga menggaungkan vaksinasi COVID-19. Untuk mengatasi sudah vaksin tapi belum terdaftar, kamu perlu melakukan beberapa hal. Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Sudah Vaksin Tapi Belum Terdaftar: Ini Sebabnya

Umumnya, masyarakat menerima vaksin 7-10 hari setelah mendapat dosis pertama vaksin COVID-19. dr Siti Nadia Tarmizi sebelumnya pernah menyinggung sudah vaksin tapi belum terdaftar.

Kalau dalam tenggat waktu tersebut masyarakat masih belum menerima sertifikat vaksin, kemungkinan ada data yang salah. Hal itu seperti nama lengkap, alamat, atau bahkan nomor HP. Jika terjadi kesalahan data, tentunya sudah vaksin tapi belum terdaftar bakal dialami.

Sudah Vaksin Tapi Belum Terdaftar: Ini Solusinya

Penyebab sudah vaksin tapi belum terdaftar sudah diketahui, yakni karena adanya kesalahan data. Selanjutnya, muncul pertanyaan bagaimana cara mengatasinya?

Mengutip laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, hal itu bisa diatasi dengan dua cara, yakni melalui email ataupun Call Center PeduliLindungi.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan drg. Widyawati, MKM menyatakan, masyarakat bisa menyampaikan kendala sudah vaksin tapi belum terdaftar melalui email sertifikat@pedulilindungi.id.

"Proses perbaikan dapat dilakukan dengan mudah melalui email sertifikat@pedulilindungi.id," tutur Widyawati.

Adapun format emailnya yakni mencantumkan nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Tempat Tanggal Lahir dan Nomor HP yang aktif saat didaftarkan vaksinasi. Tak lupa, kamu juga harus melampirkan swa foto, swa foto dengan KTP dan kartu vaksin COVID-19. Dengan begitu, permasalahan sudah vaksin tapi belum terdaftar bisa ditindaklanjuti oleh PeduliLindungi.

Permasalahan sudah vaksin tapi belum terdaftar juga bisa diatasi melalui Call Center PeduliLindungi. Kamu cukup menekan 119 dan sampaikan kendala yang dihadapi. Nantinya, pihak PeduliLindungi bakal memberikan solusi terhadap permasalahanmu.

Lihat juga video 'Pasangan Lansia Jalan 12 Km untuk Divaksin':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya penjelasan kenapa sudah vaksin tapi belum terdaftar..