4 Manfaat Vaksin Sinovac, Salah Satu yang Dipakai di RI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 16:53 WIB
4 Manfaat Vaksin Sinovac, Salah Satu yang Dipakai di RI
4 Manfaat Vaksin Sinovac, Salah Satu yang Dipakai di RI (Pius Erlangga/detikcom)
Jakarta -

Manfaat vaksin Sinovac saat ini menjadi informasi yang penting untuk dipahami. Diketahui bahwa saat ini, vaksinasi Covid-19 sedang digalakkan pada masyarakat Indonesia sebagai salah satu upaya mengurangi penularan dan dampak virus Covid-19.

Vaksin Sinovac merupakan salah satu jenis vaksin yang paling banyak digunakan di Indonesia. Namun, masih ada beberapa orang yang ragu untuk melakukan vaksinasi menggunakan vaksin yang berasal dari negeri China ini.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa manfaat dari vaksin Sinovac. Berikut informasinya yang sudah kami rangkum.

Manfaat Vaksin Sinovac: Mendorong Pembentukan Bikin Antibodi

Dilansir dari New York Times, Vaksin Sinovac atau dalam nama lain CoronaVac, bekerja dengan mengajarkan sistem kekebalan tubuh untuk membuat antibodi terhadap virus corona SARS-CoV-2. Antibodi menempel pada protein virus, atau biasa disebut 'Spike Proteins' yang menempel di permukaannya.

Namun tidak perlu khawatir, karena Vaksin Sinovac dikembangkan dengan metode inactivated. Artinya, virus yang ada dalam vaksin sudah dimatikan dan tidak mengandung virus hidup atau yang dilemahkan.

Manfaat Vaksin Sinovac: Membunuh Virus

Vaksin Sinovac juga terbukti berhasil membunuh virus Corona SARS-CoV-2. Dilansir dari New York Times, para peneliti menguji vaksin Sinovac dengan menumbuhkan stok besar virus Corona dalam sel ginjal monyet.

Kemudian para peneliti menambahkan virus dengan bahan kimia yang disebut beta-propiolactone. Senyawa tersebut menonaktifkan virus Corona dengan mengikat gen mereka. Virus corona yang tidak aktif tidak bisa lagi bereplikasi. Tetapi protein mereka, termasuk spike, tetap utuh.

Selanjutnya, para peneliti mengeluarkan virus yang tidak aktif tersebut dan mencampurnya dengan sejumlah kecil senyawa berbasis aluminium yang disebut adjuvant. Adjuvant tersebut merangsang sistem kekebalan untuk meningkatkan responnya terhadap vaksin.

Manfaat Vaksin Sinovac: Aman Disuntikkan

Karena virus corona di vaksin Sinovac merupakan virus yang sudah mati, maka hal itu membuat Vaksin Sinovac aman untuk disuntikkan ke lengan tanpa menyebabkan Covid-19. Setelah berada di dalam tubuh, beberapa virus yang tidak aktif ditelan oleh sejenis sel kekebalan yang disebut sel penyaji antigen.

Setelah itu, sel penyaji antigen merobek virus corona dan menampilkan beberapa fragmennya di permukaannya. Lalu, sebuah sel pembantu bernama sel T akan mendeteksi fragmen. Jika fragmen cocok dengan salah satu protein permukaannya, sel T menjadi aktif dan dapat membantu merekrut sel kekebalan lain untuk merespons vaksin.