Izin Institut Teknologi Medan Dicabut Nadiem, Bagaimana Nasib Mahasiswa?

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 11:19 WIB
Gedung Institut Teknologi Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Gedung Institut Teknologi Medan (Ahmad Arfah/detikcom)
Untuk mahasiswa yang sudah mau lulus, kata Aziz, pejabat rektor yang saat ini dipegang Kepala LLDIKTI Sumut berencana mengeluarkan ijazah. Namun hal ini terhalang pihak yayasan yang dinilai kurang kooperatif.

"Pejabat rektor yang diisi Kepala LLDIKTI dan Sekretaris LLDIKTI yang akan menyelesaikan masalah bagi mahasiswa yang sudah selesai, sudah lulus yang nantinya akan ada penerbitan ijazah maupun wisuda. Itu juga sudah kita koordinasi dengan pihak yayasan untuk menghadirkan operator pangkalan data mereka baik versi A maupun B bekerja sama berkolaborasi mana-mana mahasiswa yang secara administratif sudah selesai," sebut Aziz.

"Hanya saja, dari surat pemanggilan, satu yang hadir dengan kita. Dari hasil interview sementara, operator pangkalan data itu sudah diberhentikan sehingga dia tidak bisa mengakses pangkalan data, yayasan 'kurang kooperatif'," tambahnya.

Sebelumnya, Nadiem Makarim telah mencabut izin pendirian kampus ITM. Pencabutan izin dilakukan gara-gara dualisme yayasan kampus ITM tidak kunjung selesai.

Dilihat detikcom, Kamis (7/10/2021), pencabutan izin itu tertera dalam surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 438/E/O/2021. Diktum kesatu keputusan ini menyatakan pencabutan izin pembukaan 10 program studi di kampus ITM yang berada di bawah Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna.

Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara, Prof Ibnu Hajar Damanik, membenarkan SK penutupan itu. Penutupan dilakukan sejak 4 Oktober 2021.

"Betul," kata Ibnu Hajar saat dimintai konfirmasi.


(haf/haf)