Desa di Sigi Sulteng Dilanda Banjir, 74 KK Mengungsi

Antaranews - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 01:58 WIB
Banjir di Sigi Sulteng
Banjir di Sigi Sulteng (Foto: Antara)
Sigi -

Desa Tuva, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) dilanda banjir dengan material lumpur pada Minggu malam. Sebanyak 74 kepala keluarga (KK) mengungsi akibat banjir itu.

"Kurang lebih 74 kepala keluarga di Dusun 2, Desa Tuva, Kabupaten Sigi mengungsi ke tempat aman akibat banjir," kata Kepala Dusun 2 Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa, Badron saati dihubungi dari Palu, Minggu malam, seperti dilansir Antara, Senin (11/10/2021).



Selain Desa Tuva, Desa Salua juga dilaporkan terdampak. Banjir membawa material lumpur, potongan kayu hingga bebatuan.

"Banjir dipicu hujan lebat mengguyur wilayah ini mengakibatkan air Sungai Miu di desa setempat meluap hingga ke pemukiman warga," ujar Badron.

Tidak ada korban jiwa akibat banjir itu. Namun pemerintah desa setempat mengungsikan warga ke tempat aman guna menghindari banjir susulan.

"Meskipun tidak ada korban jiwa, saat ini kami melakukan pertolongan pertama mencari tempat yang aman sebagai upaya antisipasi," kata Badron.



Kepala Bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Andi Sembiring mengatakan, pihaknya sedang melakukan persiapan menuju ke lokasi banjir Sigi.

"Informasi ini kami ketahui melalui sosial media. Ada salah seorang warga menayangkan secara langsung dari aku Facebook," ucap Andi.

BPBD Sulawesi Tengah untuk sementara mengirim empat personel. Serta delapan personel yang sudah disiapkan tetap bersiaga menunggu hasil asesmen tim di Lapangan.

"Kami masih menunggu laporan selanjutnya dari empat personel yang sudah kami kerahkan ke lokasi banjir," demikian Andi.

Simak Video: Puluhan Rumah di Sigi Rusak Akibat Banjir Bandang

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)