Sempat Macet Akibat Tanah Longsor, Jalan di Kerinci Jambi Kembali Lancar

Ferdi Almunanda - detikNews
Minggu, 10 Okt 2021 20:55 WIB
Lalu lintas Jalan di Kerinci Jambil kembali normal usai longsor
Lalu lintas jalan di Kerinci Jambil kembali normal usai longsor (Foto: dok. Istimewa)
Jambi -

Polisi dan warga akhirnya berhasil mengevakuasi mobil pengangkut penumpang yang tertimbun longsor di Kerinci Jambi. Timbunan longsor yang menutup badan jalan kini juga telah dibersihkan oleh petugas dan warga di lokasi.

"Sekarang akses jalan sudah aman, tanah longsor sudah dibersihkan oleh petugas dan warga disana. Mobil travel yang sempat tertimbun longsor juga sudah kita evakuasi," kata Kasat Lantas Polres Kerinci Jambi, Iptu Yudistira saat dihubungi detikcom, Minggu (10/10/2021).

Mobil yang diketahui merupakan mobil travel itu tertimbun saat hendak akan menuju Kerinci. Mobil itu melintasi jalan yang kemudian terjadi tanah longsor yang membuat kondisi mobil tersebut tertimbun.

Tidak ada korban jiwa dilaporkan dari mobil yang tertimbun longsor itu. Polisi juga sudah berjaga-jaga untuk mengantisipasi adanya longsor susulan.

Bahkan polisi juga lakukan buka tutup jalan, dalam mengatasi kendaraan yang akan melintasi Kerinci yang akan menuju Sumatera Barat.

"Petugas masih berjaga-jaga dilokasi itu saat ini. Akses jalan sudah aman lancar, tetapi kita masih lakukan buka tutup jalan untuk mengatur lalu lintas di sana," ujar Yudistira.

Tanah longsor itu terjadi pada Minggu siang, longsor itu juga mengakibatkan jalan penghubung dari Jambi menuju Kabupaten Kerinci-Sungai Penuh sempat terhambat dan macet.

Longsor ini juga disebabkan lantaran kondisi hujan lebat yang mengguyur daerah Kerinci sejak pagi tadi. Jalan di kawasan Muaro Emat itu memang kerap kali terjadi longsor ketika hujan lebat mengguyur daerah disana.

"Saat ini dari anggota di lapangan, kondisi jalan sudah kembali lancar sejak terjadinya longsor. Kita tetap mengimbau agar pengendara jalan terus berhati-hati saat berkendara di malam hari pasca longsor terjadi," ujar dia.

(lir/lir)