Kabar Baik, Tak Ada Pemakaman Protap COVID di TPU Rorotan 3 Hari Terakhir

Faiz Iqbal Maulid - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 11:43 WIB
Kondisi TPU Rorotan (Faiz-detikcom)
Foto: Kondisi TPU Rorotan (Faiz/detikcom)
Jakarta -

Kematian akibat infeksi virus Corona atau COVID-19 di DKI Jakarta mulai menurun. Kabar baik pun datang dari petugas di TPU Rorotan, Jakarta Utara, yang menyebut tak ada pemakaman dengan protokol tetap (protap) pemakaman pasien COVID-19 dalam tiga hari terakhir.

"Kalau penurunan sudah cukup lama sih, bulan-bulan kemarin juga mulai landai. Minggu ini cuma 1 orang, 3 hari ini malah nggak ada sama sekali yang dimakamin," kata petugas Pelaksana dan Pengelola TPU Rorotan, Rubianto, di Rorotan, Jakarta Utara, Sabtu (9/10/2021).

Dia mengatakan petugas di TPU Rorotan sempat bekerja ekstra ketika kasus Corona di DKI melonjak pada Juli lalu. Dia mengatakan pihaknya pernah mengurus 200 jenazah untuk dimakamkan dengan protap COVID-19 dalam sehari.

"Pas lagi banyak-banyaknya bulan Juni-Juli ya kalau nggak salah, itu sehari bisa sampai 200-an jenazah sehari," ujarnya.

Rubianto pun bersyukur tak ada lagi pasien Corona yang harus dimakamkan oleh pihaknya. Dia berharap kondisi berlanjut hingga pandemi Corona bisa berakhir.

"Saya bersyukur ya udah nggak ada korban meninggal lagi," ucapnya.

Kondisi TPU Rorotan (Faiz-detikcom)Kondisi TPU Rorotan (Faiz/detikcom)

Pantauan detikcom di lokasi, tidak terlihat ada ambulans yang datang ataupun aktivitas pemakaman di TPU Rorotan. Sementara itu, terlihat sejumlah warga berziarah ke makam yang ada di TPU Rorotan.

Petugas dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara tampak melakukan pemeliharaan TPU. Sejumlah petugas terlihat memperbaiki kondisi makam yang ambles.

Ada juga petugas yang bertugas menyirami lahan-lahan di sekitar makam. Di ujung makam, tampak alat berat beroperasi menguruk lahan yang rencananya dijadikan waduk.

Berdasarkan data dari Humas BNPB, kematian akibat Corona di DKI terus menurun dalam sepekan terakhir. Berikut datanya:

2 Oktober: 5
3 Oktober: 5
4 Oktober: 1
5 Oktober: 3
6 Oktober: 2
7 Oktober: 1
8 Oktober: 0

Simak juga 'Corona RI Per 8 Oktober: Tambah 1.384 Kasus, 66 Orang Meninggal':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)