Kapolda Papua Temui Pengungsi-Forkopimda Usai Kerusuhan di Yahukimo

Wilpret Siagian - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 21:53 WIB
Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri meninjau kondisi Yahukimo
Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri meninjau kondisi Yahukimo (Dok. Polda Papua)
Jayapura -

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri meninjau kondisi Kamtibmas Yahukimo, Papua, pasca-penyerangan masyarakat Yali oleh Suku Kimyal. Mathius memastikan kondisi Yahukimo aman.

Irjen Mathius meninjau Yahukimo didampingi para pejabat Polda Papua. Mathius dan rombongan tiba di Bandara Nop Goliat, Kabupaten Yahukimo, Jumat (8/10/2021), pukul 11.35 WIB, kemudian menuju titik-titik bangunan yang dibakar saat kerusuhan.

Di sana dia menemui masyarakat pengungsi Suku Yali di Gereja GIDI Evan Hastia Distrik Dekai yang berjumlah sekitar 3.000 orang. Mathius juga melakukan pertemuan dengan Forkopimda Kabupaten Yahukimo di Gereja GIDI Evan Hastia Distrik Dekai.

"Kalau perkiraan saya akan terjadi perang suku, namun ternyata perkiraan saya salah dan saya sangat bangga kepada masyarakat Yahukimo," ujarnya saat pertemuan dengan Forkompimda Yahukimo.

Mathius mengatakan kepolisian akan melakukan proses hukum kepada para pelaku kerusuhan pada 3 Oktober 2021. Dia berjanji akan mengusut siapa aktor intelektual di balik kerusuhan Yahukimo.

"Saya selaku pimpinan kepolisian di Polda Papua akan memproses hukum secara tegas para pelaku aksi tanggal 3 Oktober 2021 kemarin, termasuk aktor intelektualnya. Kalau perlu kita akan proses di Kota Jayapura atau bahkan di luar Papua," tegasnya.

Dia berharap Bupati, Polres, dan Kodim Yahukimo bergerak cepat memberikan bantuan kepada para pengungsi. Dia mengatakan Polda Papua siap mengirim logistik untuk para pengungsi.

Sementara itu, Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada kepolisian dan Kodim yang telah memfasilitasi para pengungsi.

"Terima kasih kepada Bapak Kapolres karena kemarin sudah difasilitasi Polres untuk para pengungsi, juga kepada Bapak Dandim kami ucapkan terima kasih atas 150 warga kami yang sudah ditampung di Koramil Yahukimo. Juga terima kasih atas bantuan pengamanan dari personel Brimob yang membantu dalam pengamanan sehingga persoalan tidak meluas," ujarnya.

Bupati Didimus berharap kepada Kapolda Papua agar segera memulihkan Situasi kamtibmas di Kabupaten Yahukimo segera kondusif dan kehidupan masyarakat berjalan normal kembali.