Kapolres-Bupati Yahukimo Berterima Kasih pada Korban yang Tak Balas Serangan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 02:36 WIB
Forkopimda Kabupaten Yahukimo bertemu dengan masyarakat Suku Yali.
Forkopimda Kabupaten Yahukimo bertemu dengan masyarakat Suku Yali (dok. istimwa)
Jakarta -

Kapolres Yahukimo, AKBP Deni Herdiana beserta Bupati Yahukimo, Papua Didimus Yahuli bertemu dengan suku Yali yang menjadi korban penyerangan Suku Kimyal. Pimpinan-pimpinan wilayah itu bersyukur karena tidak ada aksi balas serang oleh suku Yali.

Pertemuan itu dilaksanakan pada Kamis (7/10/2021), bertepat di halaman Gereja GIDI Evan Hastia. Tatap muka dilakukan antara President GIDI Tanah Papua Pdt. Dorman Wandikbo, Forkopimda Kabupaten Yahukimo dan Masyarakat Suku Yali. Selain bupati dan kapolres, hadir pula Dandim 1715/YHK Letkol Inf. Christian F. R. Ireuw.

Wakil GIDI Papua pdt. Viktor Kobak, menyebut Suku Yali tidak akan membalas serangan. Dia percaya pemerintah dan aparat keamanan tidak akan tinggal diam dalam kasus tersebut.

"Kami hamba tuhan juga sudah menghimbau kepada semua masyarakat Suku Yali di Yahukimo yang telah menjadi korban menerima atas kejadian ini," katanya seperti dalam keterangan dari Polres Yahukimo, Kamis (7/10/2021).

Kemudian, Bupati Didimus Yahuli mengatakan kejadian ini adalah musibah agar umat tuhan bersabar dan berdoa. Dia berterima kasih kepada pihak-pihak yang ikut menjaga ketertiban di Yahukimo.

"Saya selaku kepala daerah menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Yahukimo dan pejabat lainnya yang sama-sama menjaga daerah ini melalui pelayanan dengan baik, sehingga Situasi keadaan sampai sekarang sudah aman dan kondusif dan juga kepada personil TNI-Polri yang menjaga daerah ini aman dan kondusif," katanya.

Kemudian, Kapolres Yahukimo, AKBP Deni Herdiana mengatakan, akan terus mengusut kasus penyerangan tersebut. Sampai saat ini, sudah beberapa orang pelaku penyerangan telah diamankan oleh polisi.

"Kepolisian telah mengamankan beberapa orang masyarakat di mana hal ini akan terus kami kembangkan dan kami minta bila masyarakat melihat pelaku yang lain agar segera melaporkan kepada kami, jangan takut untuk di jadikan saksi atas kejadian tersebut," ucapnya.

"Berkaitan dengan aksi tersebut, kami selaku pihak keamanan sangaat berterima kasih kepada masyarakat Suku Yali karena tak melakukan pembalasan dengan kekerasan dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak keamanan yakni Polres Yahukimo. Kami dari Polres Yahukimo menghimbau untuk sama-sama kita menjaga keamanan dan ketertiban pasca kejadian kemarin," katanya.

22 orang jadi tersangka, simak di halaman selanjutnya.