Wagub: Kasus Pelecehan Bumil di Puskesmas Jakbar Selesai Secara Kekeluargaan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 20:48 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/9/2021).
Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta telah menelusuri kejadian viral bidan diduga melecehkan ibu hamil (bumil) saat hendak melahirkan. Sejauh ini, Pemprov DKI belum menemukan maladministrasi dalam kasus viral tersebut.

"Sampai hari ini tidak ada Maladministrasi," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (8/10/2021).

Riza menyatakan kasus ini sudah diselesaikan secara kekeluargaan antara oknum bidan dan ibu hamil. Kendati demikian, Pemprov DKI masih melakukan pemeriksaan lanjutan.

"Sudah diselesaikan secara kekeluargaan," sebutnya.

Sebelumnya, viral dugaan pelecehan oleh sejumlah bidan di salah satu puskesmas di Jakarta Barat. Para bidan itu disebut mengejek kondisi keputihan ibu hamil yang tengah kesakitan karena menjelang proses melahirkan itu.

"Dan membuat saya sangat marah adalah ketika saat mereka mengecek pembukaan bumil, lalu dia mengatakan 'keputihannya banyak banget', lalu bidan tersebut ada yang menjawab, 'Ih, JORSE'," demikian potongan pengakuan @stevfanywijaya yang heboh direspons banyak netizen di TikTok, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Disebut juga kondisi sang ibu hamil yang datang tanpa didampingi suami untuk memeriksa kehamilan juga dipermasalahkan. Bahkan para bidan itu disebut menyampaikan sang ibu hamil tidak bisa menggunakan BPJS Kesehatan jika tidak didampingi suami.

Kepada detikcom, @stevfanywijaya, menyebut saudaranya kini sampai mengalami trauma.

"Dia sedang pemulihan pasca-caesar dan di tahap trauma hingga baby blues. Belum ada kelanjutan dari Dinas Kesehatan, tapi kemarin sudah lapor, sempat direspons cepat. Belum ada kabar lagi," jelasnya saat dihubungi, Rabu (6/10).

Lihat juga video 'Ibu Ini Relakan Anak Kandungnya Disetubuhi Dukun Demi Cepat Kaya':

[Gambas:Video 20detik]



Puskesmas buka suara, simak di halaman berikut