Hari Pos Sedunia: Awal Mula Peringatan dan Tema Tahun 2021

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 06:42 WIB
Hari Pos Sedunia: Awal Mula Peringatan dan Tema Tahun 2021
Hari Pos Sedunia: Awal Mula Peringatan dan Tema Tahun 2021 (Foto: Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Hari Pos Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Oktober setiap tahunnya. Hari Pos Sedunia ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran akan peran sektor pos dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Hari Pos Sedunia memiliki peran yang relevan dengan menyediakan infrastruktur dan pembangunan. Serta bisnis dan kontribusinya terhadap pembangunan sosial dan ekonomi negara.

Berikut adalah informasi menarik mengenai Hari Pos Sedunia yang sudah kami rangkum.

Hari Pos Sedunia: Awal Mula Peringatan

Berdasarkan situs resmi PBB, awalnya, tanggal 9 Oktober merupakan hari peringatan berdirinya Universal Postal Union (UPU) pada tahun 1874 di Ibukota Swiss, Bern. Universal Postal Union (UPU) merupakan badan khusus PBB yang berfokus dalam mengkoordinasikan kebijakan pos di antara negara-negara anggota.

Lalu dalam Kongres UPU yang diadakan di Tokyo, Jepang pada tahun 1969, Hari Pos Sedunia pertama dicetuskan jatuh pada tanggal 9 Oktober. Semenjak itu, negara-negara di seluruh dunia berpartisipasi setiap tahunnya dalam perayaan tersebut. Kantor pos di berbagai negara menggunakan acara tersebut untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk dan layanan pos baru.

Hari Pos Sedunia: Tema Tahun Ini

Adapun tema Hari Pos Sedunia tahun ini adalah "Innovate to Recover". Inovasi Pos, dan ketahanannya dalam melayani masyarakat ini lah yang dirayakan dalam peringatan Hari Pos Sedunia tahun ini.

"Ketika Covid-19 mempengaruhi semua negara di dunia, termasuk infrastruktur rantai pasokan yang sudah mapan, Pos masih menemukan cara untuk terus menawarkan layanan kepada masyarakat.
Inovasi Pos dan ketangguhan mereka dalam melayani masyarakat inilah yang kami rayakan dalam rangka Hari Pos Sedunia." ujar Direktur Jenderal UPU dalam pernyataan tertulisnya.

Soal Hari Pos Sedunia dapat dicek di halaman berikutnya.