Hari Hewan Sedunia Diperingati Tiap 4 Oktober, Begini Awal Mulanya

ADVERTISEMENT

Hari Hewan Sedunia Diperingati Tiap 4 Oktober, Begini Awal Mulanya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 12:00 WIB
Hari Hewan Sedunia Diperingati Tiap 4 Oktober, Begini Awal Mulanya
Hari Hewan Sedunia Diperingati Tiap 4 Oktober, Begini Awal Mulanya (Foto: Getty Images/iStockphoto/g-stockstudio)
Jakarta -

Selamat Hari Hewan Sedunia! Hari Hewan Sedunia atau World Animal Day diperingati setiap tanggal 4 Oktober tiap tahunnya. Hari ini merupakan salah satu kesempatan spesial untuk lebih memperhatikan kesejahteraan hewan di seluruh dunia.

Berikut informasi menarik mengenai Hari Hewan Sedunia yang sudah kami rangkum.

Hari Hewan Sedunia, Ini Sejarahnya

Berdasarkan situs resmi WorldAnimalDay, Hari Hewan Sedunia awalnya dicetuskan oleh Heinrich Zimmermann, seorang penulis dan penerbit majalah Mensch und Hund atau Man and Dog. Hari Hewan Sedunia pertama dilaksanakan tanggal 24 Maret 1925 di Sport Palace di Berlin, Jerman. Lebih dari 5.000 orang menghadiri acara tersebut.



Awalnya, penyelenggara acara merencanakan Hari Hewan Sedunia akan dilaksanakan tanggal 4 Oktober, namun Sport Palace yang pada saat itu merupakan satu-satunya tempat yang cukup besar untuk menampung ribuan pengunjung, tidak tersedia pada tanggal 4 Oktober. Lalu pada tahun-tahun berikutnya Hari Hewan Sedunia terus dilaksanakan pada bulan Maret. Hingga akhirnya di tahun 1929 Hari Hewan Sedunia diselenggarakan pada 4 Oktober sesuai dengan rencana awal.

Dilansir dari situs WorldAnimalDay, tanggal 4 Oktober dipilih sebagai Hari Hewan Sedunia karena hari itu merupakan hari wafatnya Santo Fransiskus dari Assisi. Ia adalah santo pelindung ekologi, termasuk hewan. Bahkan legenda mengatakan bahwa Santo Fransiskus mampu berbicara dengan hewan. Maka dari itu, hari kematian Santo Fransiskus dari Assisi secara resmi diadopsi sebagai Hari Hewan Sedunia.

Hari Hewan Sedunia, Ini Sosok Pencetusnya

Dilansir dari situs WorldAnimalDay, Heinrich Zimmermann merupakan pencetus utama Hari Hewan Sedunia. Ia adalah seorang jurnalis, editor, penulis dan aktivis perlindungan hewan. Setiap tahunnya Zimmermann bekerja tanpa lelah untuk mempromosikan Hari Hewan Sedunia.

Akhirnya, pada bulan Mei 1931 di sebuah kongres organisasi perlindungan hewan dunia di Kota Florence, Italia, proposalnya untuk mencetuskan 4 Oktober menjadi Hari Hewan Sedunia diterima dengan suara bulat. Sebagai penulis dan penerbit dari majalah Mensch und Hund atau Man and Dog, ia menggunakan majalahnya untuk mempromosikan kesejahteraan hewan kepada masyarakat umum dan membentuk Komite Hari Hewan Sedunia.

Hari Hewan Sedunia bisa diperingati dengan berbagai macam cara. Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT