Andika Perkasa Muncul di Survei Capres, Effendi PDIP: Ada yang Iseng!

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 11:21 WIB
Anggota DPR Fraksi PDIP Effendi Muara Sakti Simbolon, (Effendi MS Simbolon)
Effendi Simbolon (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Nama KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa muncul dalam hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkait calon presiden (capres) 2024 dengan mengantongi 1,0 persen elektabilitas. Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP Effendi Simbolon ragu atas kemunculan nama Andika Perkasa di survei capres 2024.

Effendi Simbolon selama ini diketahui mendukung Andika Perkasa menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, yang akan memasuki masa pensiun. Effendi menilai Andika Perkasa selama ini menjadi profesional dan tak ada arah menuju Pilpres 2024.

"Tapi tidak berarti dibaurkan dengan survei capres atau cawapres-lah. Nggak eloklah, beliau profesional. Saya tidak melihat ada arah, ambisi, obsesi, ke sana beliau itu," kata Effendi kepada wartawan, Jumat (8/10/2021).

Effendi yakin Andika Perkasa tak punya obsesi untuk menjadi capres 2024. Effendi justru meyakini ada pihak yang iseng sehingga nama Andika muncul di hasil survei capres 2024.

"Nggak (melihat ada obsesi capres). Ada yang iseng saja itu pasti," ujarnya.

Effendi menjelaskan soal 'iseng' terkait nama Andika muncul di survei capres 2024. Apa maksudnya?

"Ya, bisa saja ada yang jeblosin. Kadang-kadang kan niat juga kelihatan dari cara. Masa iya sih munculkan di saat-saat seperti ini," imbuhnya.

SMRC sebelumnya merilis survei terkait capres 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto berada di puncak teratas, disusul Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei dilakukan pada 15-21 September 2021 dengan metode wawancara langsung atau tatap muka. Total responden sebanyak 1.220 orang yang dipilih secara acak dengan rate usia 17 tahun atau yang sudah menikah. Margin of error rata-rata dari survei tersebut kurang-lebih 3,05 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 96 persen.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: