detik's Advocate

Ternyata Istri Saya Korban Perkosaan Pacar, Bisakah Saya Pidanakan Mantannya?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 07:53 WIB
Pengacara
Advokat Timotius Pati (dok.pri)
Jakarta -

Setiap orang memiliki masa lalu, termasuk masa-masa sebelum pernikahan. Ada yang melupakan begitu saja dan memulai sejarah baru, tapi ada masa lalu yang tidak bisa dihapus dengan serta merta. Bagaimana bila istri kita pernah diperkosa pacarnya?

Hal itu menjadi pertanyaan pembaca detik's Advocate yang dikirim ke email: redaksi@detik.com dan di-cc ke andi.saputra@detik.com Berikut pertanyaan lengkapnya:

Saya AM. Baru menikah kurang dari 1 bulan dengan istri saya FA. Kenal 4 bulan langsung saya nikahi.
Dan ternyata FA ini dulunya sebelum sama saya punya mantan AG.

Setelah nikah, belakangan saya baru tahu kalau istri saya tidak lagi perawan.
Setelah saya tanya, ternyata waktu pacaran dengan AG, dulu istri saya dipaksa melayani nafsunya serta diiming-imingi dinikahi. Setiap kali menolak diancam akan ditinggalkan. Sampai hp FA pernah juga dibanting sama AG.

Jadi intinya AG selalu memanfaatkan perkelahian untuk meminta hubungan badan. Jika ditolak AG mengancam memutuskan hubungan dan memberitahu ke keluarga FA.

Saya tetap sayang istri saya. Tapi perbuatan AG ini harus dapat pembelajaran agar tidak timbul korban lain di kemudian hari.

Mohon bantuannya kepada tim detik's Advocate. Langkah hukum apa yang bisa saya tempuh dari kejadian ini tanpa melibatkan keluarga FA.

Terima kasih.
Dan sekali mohon dibantu.
Salam sukses selalu kepada detikcom redaksi

Untuk menjawab masalah di atas, tim detik's Advocate meminta pendapat hukum dari Timotius Pati Mangaranap, S.H. dari Advokat Alumni Unsoed (AAU). Berikut jawabannya:

Simak juga 'Pasangan Pindah Agama, Apakah Pernikahan Kami Masih Sah?':

[Gambas:Video 20detik]