Kabar Terkini dari Setneg soal Surpres Panglima TNI

ADVERTISEMENT

Kabar Terkini dari Setneg soal Surpres Panglima TNI

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 07:35 WIB
Faldo Maldini
Faldo Maldini (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengirimkan surat (surpres) berisi nama calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto. Stafsus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini mengatakan masih ada waktu hingga bulan November.

"Sejauh ini secara jadwal, semuanya masih aman, menunggu jadwal DPR sidang lagi. Kita masih ada waktu sampai masuk pensiun Panglima di akhir November nanti, masih ada waktu mencari perwira terbaik yang ingin mengorbankan dirinya untuk membawa Indonesia bangkit dari pandemi. Tugas berat ini," ujar Faldo kepada wartawan, Kamis (7/10/2021).

Faldo meminta agar seluruh pihak dapat menunggu, menurutnya saat ini surpres masih terus berproses. Pemerintah juga disebut masih fokus dalam upaya bangkit dari Pandemi COVID-19.

"Kita tunggu saja. Semuanya masih berproses. Kita sedang fokus ke agenda nasional bangkit dari pandemi, maka kriteria untuk menjawab tantangan itu jadi penting, ini yang sebelumnya tidak menjadi kriteria utama. Kalau sudah tampak tanda-tandanya, nanti pasti langsung diumumkan, tidak mungkin diam-diam," tuturnya.

Faldo mengatakan meski surat tersebut belum dikirimkan, namun dipastikan posisi Panglima tidak akan kosong. Dia berharap nantinya Panglima TNI baru merupakan prajurit yang terbaik dari berbagai aspek.

"Sampai saat ini, memang Surat Presiden terkait penyelenggaraan fit and proper test memang belum ke DPR. Jadi bersabar saja, pasti segera dikirim. Yang jelas, tidak mungkin posisi Panglima kosong ketika Marsekal Hadi Tjahjanto memasuki masa pensiun," ujar Faldo.

"Kita tentunya berharap, Panglima TNI yang baru adalah prajurit yang terbaik dari berbagai aspek. Karena ini bukan hanya soal kualifikasi personal, tapi Panglima TNI saat ini juga punya sederet tantangan berat, bagaimana bahu-membahu dengan rakyat untuk melewati pandemi, pengembangan personel baik dari segi kualitas SDM ataupun karir, pengembangan alutsista, dan harmonisasi tata kelola di tubuh tiga matra," sambungnya.

Simak video 'Sederet Nama Petinggi TNI di Bursa Calon Panglima':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT